Sosok Maman Suherman, Jurnalis yang Kini Jadi Penulis dan Pegiat Literasi Nasional

Ahmad Badaruddin, telisik indonesia
Senin, 07 Agustus 2023
0 dilihat
Sosok Maman Suherman, Jurnalis yang Kini Jadi Penulis dan Pegiat Literasi Nasional
Kang Maman Suherman, seorang mantan jurnalis yang kini beralih profesi sebagai seorang penulis. Foto: Gramedia.com

" Ada banyak jurnalis Indonesia yang kemudian menjadi penulis dan berbagai profesi lainnya dengan dasar ilmu jurnalistik yang mereka miliki. Beberapa di antaranya seperti Ahmad Fuadi, Andy F Noya, Najwa Shihab dan Maman Suherman "

JAKARTA, TELISIK.ID - Ada banyak jurnalis Indonesia yang kemudian menjadi penulis dan berbagai profesi lainnya dengan dasar ilmu jurnalistik yang mereka miliki. Beberapa di antaranya seperti Ahmad Fuadi, Andy F Noya, Najwa Shihab dan Maman Suherman.

Maman Suherman atau yang kerap disapa Kang Maman sendiri, merupakan salah satu jurnalis Indonesia yang beralih profesi menjadi penulis dengan berbagai buku yang telah ia terbitkan bertema kritik terhadap berbagai hal yang terjadi di Indonesia. Buku-bukunya seperti Bokis 1 dan 2, Re, Notulen Cakeppp 1 dan 2, Virus Akal Bulus, dan masih banyak lagi.

Penulis kelahiran Makassar, 10 November 1965 tersebut merupakan lulusan Universitas Indonesia, Jurusan Ilmu Kriminologi. Menurut penuturannya pada Podcast Daniel Mananta Network, Maman dicap sebagai anak ajaib karena menjadi anak pertama di daerahnya yang mampu membaca. Kemampuan membacanya tersebut merupakan hasil dari didikan sang ayah yang ingin Maman menjadi orang yang tidak buta huruf dan juga sebagai implementasi dari ayat pertama Alquran yang diturunkan, yakni “Iqra” atau dalam Bahasa Indonesia disebut “Bacalah.”

Baca Juga: Profil Sukarman: Politisi Veteran Comeback Nyaleg DPRD Sulawesi Tenggara di Pemilu 2024

Melalui kebiasaanya membaca tersebut, Maman kemudian terlatih untuk menulis dan menjadikan karya-karya tulisannya sebagai sumber pencahariannya. Semasa berkuliah, dirinya kerap menulis opini dan kolumnis untuk media-media sebagai salah satu caranya bertahan hidup semasa berkuliah. Melalui kebiasaannya tersebut yang mendorongnya menjadi Jurnalis pada sekitar tahun 1988.

Karienya sebagai jurnalis dimulai dengan menjadi seorang reporter hingga kemudian dirinya sempat menjabat sebagai pimpinan redaksi di Kelompok Kompas Gramedia. Dirinya kemudian berhenti pada tahun 2003 lalu menjadi pemilik produser pelaksan dalam sebuah rumah produksi dan biro iklan bernama Avicom Production.

Baca Juga: Sosok La Ode Habibi Ade Jama Polisi Asal Sulawesi Tenggara jadi Danki Paskibraka 2023, Suka Berbagi ke Anak Yatim

Ia kemudian berhenti di tahun 2011 lalu melanjutkan kariernya sebagai seorang penulis. Ia juga dikenal sebagai pegiat literasi yang telah berkeliling Indonesia menyalurkan buku-buku ke pelosok-pelosok Negeri. Sebagai pegiat literasi, ia juga kerap tampil di layar kaca menjadi pembicara dan ke berbagai daerah-daerah di Indonesia.

Dirinya juga sempat menjadi notulen di acara Indonesia Lawak Klub (ILK) yang membuat kesimpulan dari diskusi para panelis dengan berbobot, hingga membuat acara lawak ini tetap serius dan memiliki makna di dalamnya.

Dilansir dari TribunnewsWiki.com, Kang Maman diketahui menikahi wanita bernama Menik Saleh dan dikaruniai tiga orang anak. Ia juga kini diikuti oleh ratusan ribu orang melalui akun sosial medianya. (B)

Penulis: Ahmad Badaruddin

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga