Sosok Syahruddin Nurdin, Mampu Bawa BPSDM Sulawesi Tenggara Raih Akreditasi A dan menjadi Tingkat 1

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Rabu, 05 Juni 2024
0 dilihat
Sosok Syahruddin Nurdin, Mampu Bawa BPSDM Sulawesi Tenggara Raih Akreditasi A dan menjadi Tingkat 1
Sosok Syahruddin Nurdin, mampu bawa BPSDM Sulawesi Tenggara raih akreditasi A dan menjadi tingkat 1. Foto: Kolase

" Sosok Syahruddin Nurdin, Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) yang mampu meningkatkan status BPSDM menjadi tingkat 1 dan terakreditasi A "

KENDARI, TELISIK.ID - Sosok Syahruddin Nurdin, Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) yang mampu meningkatkan status BPSDM menjadi tingkat 1 dan terakreditasi A.

Syahruddin Nurdin, pria kelahiran Kendari, 21 Juni 1966 ini menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) pada tahun 1990 di Kota Kendari. Kemudian pada tahun 1996, ia menjabat sebagai Kasi. Koperasi dan Pemasaran Bappeda Kota Kendari.

Selanjutnya menjadi Kasubdit. Kependudukan Bappeda Kota Kendari pada 2001, Kasubag. Ardip Daerah Kantor PID Kota Kendari, Kasubag. Kepemudaan Bagian Kesra Sekretariat Daerah Kota, Kepala Bagian Humas dan Protokol Setda Provinsi Sulawesi Tenggara pada tahun 2008.

Baca Juga: Puluhan Perahu Motor Diduga Kembali Hadang Kapal Cepat Rute Raha-Kendari di Perairan Cempedak

Syahruddin juga pernah menjabat Kepala Bagian Protokol dan Perjalanan Dinas Biro Umum Setda Provinsi Sulawesi Tenggara, Kepala Bagian Perekonomian Biro Perekonomian Setda Provinsi Sulawesi Tenggara Asisten II Kabupaten Kolaka Timur, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Kolaka Timur.

Tidak hanya itu, ia juga pernah menjabat Kepala Biro Organisasi dan Tata Laksana Setda Provinsi Sulawesi Tenggara, Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Sulawesi Tenggara, Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan dan Politik Setda Provinsi Sulawesi Tenggara, Pejabat Sekretaris Daerah Kabupaten Muna, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Sulawesi Tenggara, Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Sulawesi Tenggara.

Syahruddin Nurdin merupakan sosok birokrat andal yang sudah sarat pengalaman. Sosoknya yang bersahaja, profesional, dan bertanggung jawab, membuatnya selalu sukses dalam memimpin lembaga, dimanapun ditugaskan.

Syahruddin Nurddin mengatakan, menjadi pemimpin itu bukan hanya memberikan perintah kepada bawahan, akan tetapi harus turun langsung dan memastikan semua tugas, terselesaikan dengan baik. Kuncinya adalah kebersamaan dan bertanggung jawab.

Konsep membangun sudah melekat dibenak Syahruddin Nurdin, sejak menerima amanah sebagai Kepala Badan Pengenmbangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Sulawesi Tenggara tahun 2020 silam.

Sebagai satu-satunya lembaga penyelenggara pendidikan dan pelatihan (Diklat) aparatur sipil negara (ASN) se- Sultra, tentu ada standarisasi dan harus memenuhi unsur kelayakan dan terakreditasi. Baik dari segi peningkatan SDM, maupun dari ketersediaan sarana dan prasarana yang memadai.

"Alhamdulillah BPSDM sekarang pada tahun 2023 kemarin, sudah bisa menaikkan akreditasi dari B menjadi A," ungkap Syahruddin Nurdin.

Baca Juga: Mahasiswi IAIN Kendari Borong Medali Emas di MTQ XXXVII Provinsi Sulawesi Tenggara 2024

Lebih lanjut, ia menambahkan, secara kelembagaan selama BPSDM non terakreditasi, tetapi dengan kerja keras semua pihak dapat meningkatkan status kelembagaan yang dulunya tingkat 0 menjadi tingkat 1.

"Dan untuk program-program yang ada di BPSDM juga meningkatkan yang dulunya akreditasi B kini menjadi A," bebernya.

Prestasi ini, lanjut dia, didapat berkat kerja sama yang baik dengan aparatur. Juga tidak lepas dari dukungan pemerintah provinsi Sulawesi Tenggara. (C-Adv)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga