Stikes Pelita Ibu Punya Satu-satunya Prodi S1 Kebidanan dan Profesi Bidan di Kendari

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Sabtu, 17 Desember 2022
0 dilihat
Stikes Pelita Ibu Punya Satu-satunya Prodi S1 Kebidanan dan Profesi Bidan di Kendari
Ketua Stikes Pelita Ibu Kendari, Hj. Rosmawati, SST., M.S., M.Kes. Foto: Adinda Septia Putri/Telisik

" Stikes Pelita Ibu kini menjadi institusi pendidikan yang berkembang dan sudah mempunyai lima prodi di dalamnya "

KENDARI, TELISIK.ID - Lembaga atau institusi pendidikan kesehatan menjadi ujung tombak penentu kualitas kesehatan masyarakat. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Pelita Ibu menjadi salah satu kontributor dalam menciptakan SDM tenaga kesehatan yang kompeten dan berkualitas, khususnya di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara.

Berawal dari fokus untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas tenaga bidan di Sulawesi Tenggara, Stikes Pelita Ibu kini menjadi institusi pendidikan yang berkembang dan sudah mempunyai lima prodi di dalamnya.

Prodi tersebut adalah D3 Kebidanan, S1 Kebidanan, Profesi Bidan, S1 Farmasi dan S1 Administrasi Rumah Sakit. Yang menarik, Stikes Pelita Ibu ternyata menjadi satu-satunya institusi pendidikan di Sulawesi Tenggara yang menyediakan prodi S1 Kebidanan dan Profesi Bidan.

Dari sini saja kita sudah melihat standar dan kualitas yang unggul Pelita Ibu sebagai pencetak tenaga kesehatan berkualitas.

Ketua Stikes Pelita Ibu, Hj. Rosmawati, SST., MS., M.Kes Ibrahim menceritakan, kerja kerasnya yang tidak mudah sehingga bisa mendirikan sekolah tinggi tersebut.

Baca Juga: Anak Petani Ini Raih Predikat Cumlaude di Politeknik Indotec Kendari

Terlebih dalam mendirikan progam studi S1 Kebidanan, ia mengaku butuh proses yang panjang dan jelimat, hingga dua tahun untuk akhirnya prodi tersebut menjadi legal di mata hukum.

Proses tersebut dalam rangka memenuhi prosedur yang ada, seperti sarana ruangan kelas, laboratorium, administrasi, hingga laporan keuangan. Semua aspek tersebut diperiksa oleh tenaga ahli apakah memenuhi standar atau tidak.

Stikes Pelita Ibu, menjadi satu-satunya institusi pendidikan yang punya program studi S1 Kebidanan dan Profesi Kebidanan di Kota Kendari. Foto: Adinda Septia Putri/Telisik

 

Perjuangannya ini tentu tak akan ia lakukan jika tanpa misi kemanusiaan dalam dirinya. Ia menganggap tenaga kesehatan, khususnya bidan mempunyai peran dan tanggung jawab yang besar untuk menyelamatkan nyawa dan kualitas hidup manusia.

Bidan menurutnya adalah salah satu profesi penting dalam menentukan perkembangan bangsa. Sedari dalam kandungan, anak-anak, remaja hingga menjadi ibu pun tak luput dari tugas dan tanggung jawab bidan.

Stikes Pelita Ibu berkomitmen untuk menciptakan tenaga kesehatan, khususnya bidan yang berkualitas agar tumbuh anak-anak yang maksimal dalam perkembangannya dan menjadi SDM yang unggul.

Di tahun ajaran 2023, Stikes Pelita Ibu dikabarkan akan membuka masa pendaftaran mahasiswa barunya mulai bulan Febuari 2023. Jadi, siap-siap, ya. Mumpung belum dibuka, Telisikers bisa siapkan dulu kelengkapan administrasi untuk mendaftar di Stikes Pelita Ibu.

Suasana kampus Stikes Pelita Ibu Kendari. Foto: Adinda Septia Putri/Telisik

 

Dikutip dari website resmi Stikes Pelita Ibu, pelitaibu.ac.id, berikut beberapa persyaratan yang dibutuhkan untuk menjadi mahasiswa Stikes Pelita Ibu.

- Lulusan SMA/SMK/MAN dan sederajat

- Foto copy SKHU/ijazah lulusan SMA/SMK/MAN dan sederajat (lulusan 2023 dan sebelumnya)

Baca Juga: Manfaatkan Tulang Ikan Cakalang, Mahasiswa UHO Juara 2 Business Plan Tingkat Nasional

- Bagi lulusan tahun 2023 dapat menggunakan nilai rapor (apabila belum menerima SKHU)

- Pas foto berwarna 3X4 sebanyak 6 (enam) lembar

- Foto copy KTP dan Kartu Keluarga (Apabila Ada)

-Kartu Indonesia Pintar (KIP) (apabila ada). (B-Adv)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga