STQH Tingkat Kabupaten Kolaka Timur Resmi Digelar

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Kamis, 02 Maret 2023
0 dilihat
STQH Tingkat Kabupaten Kolaka Timur Resmi Digelar
Pengambilan sumpah dewan hakim atau juri dalam pembukaan Seleksi Tilawatil Qur'an dan Hadis tingkat Kabupaten Kolaka Timur. Foto: Sigit Purnomo/Telisik

" Seleksi Tilawatil Qur'an dan Hadis (STQH) ke-3 Kabupaten Kolaka Timur tahun 2023 resmi digelar 1-4 Maret 2023 "

KOLAKA TIMUR, TELISIK.ID - Seleksi Tilawatil Qur'an dan Hadis (STQH) ke-3  Kabupaten Kolaka Timur tahun 2023, dipusatkan di Gedung Olah Raga (GOR) Kelurahan Atula, Kecamatan Ladongi, tanggal 1-4 Maret 2023.

Kepala Bagian (Kabag) Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah Kolaka Timur, Ayi Wahyudin mengatakan, untuk STQ tahun 2023 ini jumlah peserta 240 orang.

"Adapun jenis lomba yang dipertandingkan di STQ yakni tilawah anak-anak dan dewasa putra-putri, hifzil untuk 1 jus dan tilawah 5 juz, 10 juz, 20 juz dan 30 juz, kemudian tafsir bahasa Arab, hafalan hadis 100 hadis, 500 hadis, semua putra putri," ungkapnya, Rabu (1/3/2023).

Lanjut Ayi, untuk dewan juri, ada yang berasal dari Kota Kendari, Kolaka dan sebagian besar dari Kolaka Timur.

Camat Ladongi, Saeho selaku tuan rumah menyebutkan, untuk persiapan STQH, pihaknya sudah melakukan persiapan 1 minggu sebelum hari H.

"Persiapan itu mulai dari sarana dan prasarana, pemondokan hingga tempat kegiatan serta kegiatan pawai InsyaAllah berjalan lancar," ujarnya.

Ia menambahkan, pihaknya menyiapkan 14 posko, dengan rincian 12 posko kafilah untuk 12 kecamatan, kemudian 2 posko untuk dewan juri serta panitia kabupaten.

Baca Juga: Ivan Gunawan Bakal Pamerkan Motif Tenun Khas Kolaka Timur

Saeho menyebut, pada dasarnya masyarakat sangat senang menyambut kegiatan ini terutama para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang ada di Kolaka Timur.

"Kami sudah susun para UMKM tersebut di lapak-lapak pinggir lapangan, sehingga tidak ada lagi yang berjualan di dalam lapangan, hal ini untuk ketertiban," tutupnya.

Sementara itu, Plt Bupati Kolaka Timur, Abdul Azis mengungkapkan, dengan adanya pelaksanaan STQH, dapat memberikan arti yang penting dan akan melahirkan kader-kader hafiz yang berkualitas di Kolaka Timur.

Azis juga menuturkan, semoga dengan kegiatan ini dapat membentuk generasi Qur'ani melalui gerakan membangun dan melayani masyarakat mewujudkan Kolaka Timur yang agamis, mandiri, maju dan berkeadilan.

"Melalui pelaksanaan STQH ini diharapkan dapat mendorong segenap masyarakat Islam untuk senantiasa mencintai kitab suci Al-Qur’an," tuturnya.

Ia juga berharap agar dewan juri dalam kegiatan ini dapat bersikap objektif sesuai dengan kemampuan masing-masing peserta.  

Azis menambahkan, semangat para kafilah dalam menyiarkan ajaran Islam perlu diapresiasi.

Baca Juga: Fildan Rahayu Hibur Ribuan Masyarakat Konawe

"Mari bersama-sama kita ubah mindset peserta untuk juara, tapi yang lebih utama bagaimana bisa mensyiarkan ajaran Al-Qur'an dan hadis," tegasnya.

STQH ke-3 ini menurutnya adalah momentum yang sangat tepat. Apalagi 20 hari ke depan umat Islam akan memasuki Bulan Suci Ramadan, ini pertanda kebaikan bagi Kolaka Timur.

Azis juga mengatakan, STQH ini diharapkan mampu meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) khususnya iman dan takwa dalam membangun daerah ini, namun semua itu perlu kebersamaan dan persatuan. (A-Adv)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga