Sultra Resmi Miliki Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum

Andi Irna Fitriani, telisik indonesia
Senin, 17 Januari 2022
0 dilihat
Sultra Resmi Miliki Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum
Foto bersama dalam peresmian, Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di jalan D.I. Panjaitan, Kelurahan Wundudopi, Kecamatan Baruga, Kota Kendari. Foto: Andi Irna Fitriani/Telisik

" Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) resmi ada di Sulawesi Tenggara (Sultra) "

KENDARI, TELISIK.ID - Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) resmi ada di Sulawesi Tenggara (Sultra), beralamat di jalan D.I Panjaitan, Kelurahan Wundudopi, Kecamatan Baruga, Kota Kendari.

SPKLU Itu merupakan pengisian bahan bakar pertama yang ada di Sultra, dengan memiliki kapasitas 2×25 kilowatt yang juga  merupakan SPKLU terbesar dibanding Sulawesi Selatan (Sulsel) dan Sulawesi Barat (Sulbar). Serta, bisa melakukan pengisian secara serentak empat kendaraan sekaligus.

Dalam sambutannya, Gubernur Sultra, Ali Mazi mengatakan, akan mewajibkan seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) di Sultra, gunakan kendaraan listrik berbasis baterai.

Hal tersebut kata dia, sebagai langkah strategi Pemerintah Provinsi Sultra sebagai percepatan penggunaan kendaraan listrik.

"Peresmian SPKLU ini, bertujuan dalam rangka percepatan pertumbuhan ekosistem kendaraan listrik dan memasyarakatkan penggunaan kendaraan listrik," katanya Senin (17/1/22).

Baca Juga: Wakil Wali Kota Kendari Ingatkan Peran Strategis Bappeda

Sementara itu, General Manager PLN unit induk wilayah Sulsel, Sultra dan Sulbar, Awaluddin Hafid mengatakan, peresmian SPKLU itu berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Batrei (KBLBB).

"Percepatan penggunaan kendaraan bermotor listrik di Indonesia perlu tentunya didukung dengan pembangunan infrastruktur pengisian ulang yang memadai  sebagaimana sesuai dengan peraturan presiden," katanya.

Hadirnya SPKLU di Sultra, di dorong dengan adanya peningkatan daya listrik rumah tangga yang terus tumbuh tiap tahunnya, sehingga mendukung pengguna KBLBB. Terlebih di setiap kendaraan bermotor listrik, lengkap dengan alat pengisi baterai yang bisa digunakan di rumah masing-masing.

Secara kekuatan listrik, Sultra memiliki kapasitas yang lebih dari cukup untuk membangun SPKLU di tiap kabupaten/kota dan rencana untuk di tahun 2023 akan ditambah 600 kilowatt untuk mendukung pengembangkan kendaraan bermotor listrik.

Baca Juga: Vaksinasi UHO Kendari Capai 70 Persen

Besarnya kapasitas SPKLU yang ada di Sultra, diketahui hanya membutuhkan 1,5 jam untuk melakukan pengisian sampai 100?n untuk pengisian di rumah bisa mencapai hingga 5 jam lamanya.

Kabarnya, secara umum di Indonesia PLN telah membangun 75 SPKLU di tahun 2021 dan untuk tahun 2022 rencananya akan membangun 40 SPKLU

Untuk diketahui, SPKLU diresmikan oleh Gubernur Sultra, Ali Mazi yang dihadiri juga oleh Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir dan Bupati Konawe Utara (Konut), Ruksamin di PLN ULP Wua-Wua UP3 saat peresmian SPKLU. (B)

Reporter: Andi Irna Fitriani

Editor: Kardin

Baca Juga