Wakil Wali Kota Kendari Ingatkan Peran Strategis Bappeda

Andi Irna Fitriani, telisik indonesia
Senin, 17 Januari 2022
0 dilihat
Wakil Wali Kota Kendari Ingatkan Peran Strategis Bappeda
Wakil Wali Kota Kendari, Siska Karina Imran, di dampingi Kepala Bappeda Kota Kendari, Ridwansyah Taridala. Foto: Andi Irna Fitriani/Telisik

" Bappeda tidak hanya melaksanakan proses perencanaan pembangunan daerah, tetapi juga harus memikirkan implementasi, pengawasan dan evaluasi "

KENDARI, TELISIK.ID - Wakil Wali Kota Kendari, Siska Karina Imran ingatkan peran strategis, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) untuk membantu pemerintah dalam menentukan arah kebijakan. Dalam hal ini, di bidang perencanaan pembangunan daerah, serta penilaian atas pelaksanaannya.

Siska Karina Imran mengatakan, Bappeda tidak hanya melaksanakan proses perencanaan pembangunan daerah, tetapi juga harus memikirkan implementasi, pengawasan dan evaluasi.

"Sebagai salah satu referensi terhadap perencanaan pembangunan ke tahap berikutnya," katanya, Senin (17/1/2022).

Siska berpesan untuk terus saling berkoordinasi sehingga nantinya tidak akan menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan.

Sementara itu, Kepala Bappeda Kota Kendari, Ridwansyah Taridala mengatakan, sejak Desember 2021 sudah mulai memetakan potensi wilayah.

Baca Juga: Vaksinasi UHO Kendari Capai 70 Persen

Akan tetapi kata dia, karena Kota Kendari masa Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) berakhir tahun 2022, maka Bappeda masih menunggu regulasi.

Baca juga: Hambat Mobilitas, Warga Kendari Keluhkan Jalan Rusak

Ia juga mengatakan, sudah keluar instruksi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor 70 Tahun 2021 tentang Penyusunan Dokumen Perencanaan Pembangunan Daerah bagi daerah dengan masa jabatan kepala daerah berakhir pada tahun 2022.

"Itulah yang akan menjadi rujukan pelaksana Pj kepala daerah, yaitu Pj Wali Kota Kendari 2022-2024," katanya.

Berkaitan dengan itu, Bappeda sudah mulai menyusun dokumen, serta Januari ini dipadatkan karena sesuai instruksi Mendagri, di Minggu pertama sudah harus merampungkan drafnya. (B)

Reporter: Andi Irna Fitriani

Editor: Kardin

Baca Juga