Sungai Aweu di Kolaka Meluap, Desa Lalonggopi Banjir Hingga Setinggi Pinggang

Muh. Sabil, telisik indonesia
Rabu, 10 Maret 2021
0 dilihat
Sungai Aweu di Kolaka Meluap, Desa Lalonggopi Banjir Hingga Setinggi Pinggang
Banjir di Desa Lalonggopi, Kecamatan Wolo, Kabupaten Kolaka, akibat Sungai Aweu meluap karena hujan lebat terus menerus, Selasa (9/3/2021). Foto: Muh. Sabil/Telisik

" Ketinggian air bervariasi, mulai dari lutut sampai pinggang orang dewasa. Saat ini air sudah mulai turun mencapai 10 centimeter. "

KOLAKA, TELISIK. ID - Sungai Aweu yang terletak di Desa Lalonggopi, Kecamatan Wolo, Kabupaten Kolaka, meluap setelah hujan lebat terus menerus, Selasa (9/3/2021).

Akibatnya, puluhan rumah di desa tersebut terendam banjir hingga ketinggian mencapai setengah meter. Warga yang rumahnya terendam banjir, mengungsi ke rumah tetangga atau sanak keluarga.

“Akibat luapan Sungai Aweu di Desa Lalonggopi ini, puluhan rumah warga terendam banjir,” ujar Camat Wolo, Andi Agung, tanpa merinci jumlah korban terdampak banjir, Rabu (10/3/2021).

Menurut Andi Agung, ketinggian banjir di Desa Lalonggopi bervariasi, mulai dari lutut hingga mencapai pinggang orang dewasa. Namun menurutnya, pada pukul 21.00, Wita, ketinggian air sudah surut mencapai 10 centimeter.

”Ketinggian air bervariasi, mulai dari lutut sampai pinggang orang dewasa. Saat ini air sudah mulai turun mencapai 10 centimeter,” ungkapnya.

Baca juga: DPA Belum Terbit, Belum Ada Program Terealisasi

Lanjut Andi Agung, saat ini aparat kepolisian dari Polsek Wolo dan Babinsa sedang berjaga-jaga untuk mengantisipasi terjadinya banjir susulan.

”Saat ini kita belum bisa mengidentifikasi berapa jumlah rumah warga yang terendam, karena air belum sepenuhnya turun, kami bersama aparat dan warga masih berjaga-jaga,” jelasnya.

Andi Agung juga berharap agar banjir di Desa Lalonggopi segera surut, sehingga warga bisa kembali ke rumahnya masing-masing dan bisa kembali beristirahat.

”Semoga banjirnya cepat surut, biar warga bisa kembali ke rumahnya masing-masing untuk membersihkan sisa genangan air dan bisa beristirahat kembali,” pungkasnya.

Warga di desa tersebut masih enggan untuk kembali ke rumah mereka karena khawatir akan adanya banjir susulan akibat luapan Sungai Aweu.

"Kita masih takut-takut juga mau kembali kasian apalagi ini airnya bisa saja tambah naik lagi tambah parah, " ujar Marni salah satu warga Desa Lalonggopi. (B)

Reporter: Muh. Sabil

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga