DPA Belum Terbit, Belum Ada Program Terealisasi

Sunaryo, telisik indonesia
Rabu, 10 Maret 2021
0 dilihat
DPA Belum Terbit, Belum Ada Program Terealisasi
Bupati Muna, LM Rusman Emba. Foto: Sunaryo/Telisik

" Karena perubahan sistem itu, anggaran diurai satu persatu. "

MUNA, TELISIK.ID - Organisasi perangkat daerah (OPD) di Kabupaten Muna hingga saat ini belum juga menerima dokumen pelaksanaan anggaran (DPA) tahun 2021. Buntutnya, program-program pembangunan belum bisa terealisasi.  

Bupati Muna, LM Rusman Emba mengaku, keterlambatan penyusunan DPA disebabkan adanya perubahan sistim penyusunan anggaran. Dimana, awalnya menggunakan sistim informasi pemerintah daerah (SIPD) kembali pada sistim informasi manajemen daerah (SIMDA).

"Karena perubahan sistem itu, anggaran diurai satu persatu," kata Rusman, Rabu (10/3/2021).

Namun, mantan senator DPD-RI itu memastikan DPA akan diserahkan ke masing-masing OPD pekan ini. Kini, prosesnya dalam tahap finalisasi.

Baca juga: Bangun Jalan Tol, Bupati Konut Jajaki Kerjasama dengan Pemkot Kendari

"Insyaallah, minggu ini sudah selesai," ujarnya.

Kendati DPA belum diserahkan, OPD wajib melakukan percepatan realisasi penyusunan perencanaan. Program yang sudah tertuang di APBD tidak akan berubah. Sehingga ketika DPA keluar, kegiatan sudah bisa langsung berjalan.

Mantan Ketua DPRD Sultra itu mengaku bila tahun ini kembali ada pemotongan Dana Alokasi Umum (DAU) sebesar kurang lebih Rp 20 miliar dari total Rp 611 miliar. Otomatis dengan pemotongan itu berdampak pada sejumlah kegiatan.

"Sifatnya hanya penundaan, anggaranya tetap dikembalikan," tukasnya. (B)

Reporter: Sunaryo

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga