Survey Chatra Politika: Prabowo Jadi Menteri Berkinerja Terbaik

Rahmat Tunny, telisik indonesia
Rabu, 22 Juli 2020
0 dilihat
Survey Chatra Politika: Prabowo Jadi Menteri Berkinerja Terbaik
Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto dan Presiden, Joko Widodo Foto: google

" Kebanyakan nama-nama yang muncul adalah yang memiliki tingkat pengenalan (Awareness) yang tinggi atau pos kementeriannya mendapatkan sorotan media di saat situasi pandemi COVID-19. "

JAKARTA, TELISIK.ID - Lembaga Charta Politika merilis hasil survei terkait kinerja pemerintah di masa pandemi COVID-19.

Hasilnya, Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto menempati urutan pertama menteri Jokowi berkinerja terbaik dengan dukungan 12.8 persen responden.

“Tentu saja ini presepsi, ini bukan analisa kulitatif. Ini presepsi yang tentu saja ada bias popularitasnya,” kata Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia, Yunarto Wijaya dalam rilis survey bertajuk “Trend 3 bulan kondisi politik, ekonomi dan hukum pada masa pandemi COVID-19, Rabu (22/7/2020).

Yunarto menjelaskan, di urutan kedua ditempati Menteri Keuangan, Sri Mulyani dengan dukungan 11.5 persen dan ketiga adalah Menteri BUMN, Erick Thohir, yakni perolehan 5.8 persen.

Selanjutnya, Menko Polhukam, Mahfud MD berada di peringkat keempat dengan dukungan sebesar 4.6 persen dan Menteri PUPR berada di peringkat kelima sebesar 4.2 persen.

Baca juga: DPR Nilai RUU BPIP Buka Jalan Politisasi Lembaga Riset dan Inovasi

Pada urutan keenam dan ketujuh masing-masing diisi oleh Mendagri, Tito Karnavian dengan dukungan 2.6 persen dan Mensos, Juliari Batubara 2.2 persen. Kedelapan, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim dengan perolehan 2.0 persen.

"Kebanyakan nama-nama yang muncul adalah yang memiliki tingkat pengenalan (Awareness) yang tinggi atau pos kementeriannya mendapatkan sorotan media di saat situasi pandemi COVID-19," jelas Yunarto.

Selain nama-nama itu, mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pundjiastuti justru masuk dalam dukungan publik sebagai menteri berkinerja baik meski sudah tidak menteri lagi. Hal ini dikarenakan dalam survey ini responden tidak disodorkan nama melainkan diberi pertanyaan secara terbuka.

“Ini pertanyaan terbuka ya. Ada keluar nama Susi Pundjiastuti karena ini pertanyaan spontan, gak semua bisa menyebutkan nama tapi ada beberapa menyebutkan nama menterinya,” sambung dia.

Survei digelar pada 6-12 Juli 2020 melalui wawancara telepon dan melibatkan 2000 responden. Metode survei adalah Simple Random Sampling dengan Margin of Error 2,19 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen. Kriteria responden minimal 17 tahun atau memenuhi syarat menjadi pemilih di Pemilu.

Reporter: Rahmat Tunny

Editor: Kardin

Baca Juga