Sweeping Kendaraan di Buton Utara Mulai Digelar Selama 2 Pekan

Aris, telisik indonesia
Senin, 03 Oktober 2022
0 dilihat
Sweeping Kendaraan di Buton Utara Mulai Digelar Selama 2 Pekan
Satlantas Polres Buton Utara mulai menggelar Operasi Zebra Anoa 2022. Foto: Aris/Telisik

" Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Kepolisian Resor (Polres) Buton Utara mulai menggelar Operasi Zebra Anoa 2022, hingga 2 pekan mendatang "

BUTON UTARA, TELISIK.ID - Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Kepolisian Resor (Polres) Buton Utara mulai menggelar Operasi Zebra Anoa 2022, hingga 2 pekan mendatang, tepatnya Minggu (16/10/2022).

Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasat Lantas) Polres Buton Utara, Iptu Usman Lanna mengatakan, operasi zebra anoa itu adalah operasi yang sifatnya terpusat dalam rangka mewujudkan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

Selanjutnya kata dia, operasi zebra anoa bertujuan untuk meminimalisir angka pelanggaran berlalu lintas, meminimalisir terjadinya kecelakaan lalu lintas (Laka lantas) dan mewujudkan disiplin serta kepatuhan masyarakat berlalu lintas dalam mewujudkan keamanan, ketertiban dan keselamatan berlalu lintas.

Baca Juga: Usai Jebol, Bendungan Gunung Jaya Kolaka Timur Mulai Diperbaiki

Usman Lanna menyebut, pihaknya mempunyai sasaran-sasaran terkait dengan pelaksanaan operasi zebra tersebut. Pertama, pelanggaran secara kasat mata berupa pengendara yang tidak menggunakan helm. Kedua, pengendara yang menggunakan hand phone saat berkendara. Ketiga, melawan arus. Keempat, kendaraan melebihi batas kecepatan.

"Sasaran selanjutnya adalah kendaraan dengan knalpot bogar yang tidak sesuai dengan spek kendaraan," kata dia.

Suara knalpot bogar atau bising juga disebut menjadi pemicu kecelakaan, karena suara knalpot bising mengganggu konsentrasi pengendara motor lainnya.

"Kami meminta peran masyarakat semua untuk bagaimana kita bisa beredukasi bersama untuk mewujudkan keamanan dan keselamatan berlalu lintas di jalan raya, khususnya di Kabupaten Buton Utara," pinta Usman Lanna.

Diketahui, jajaran Polres Buton Utara telah melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Anoa 2022, di halaman Markas Komando Polres Buton Utara, Senin (3/10/2022).

Apel gelar pasukan tersebut dalam rangka pelaksanaan Operasi Zebra Anoa 2022. Apel gelar pasukan dipimpin oleh Kapolres Butur AKBP Bungin Masokan Misalayuk.

Apel gelar pasukan diikuti oleh jajaran Polres Buton Utara, Kodim 1429 Buton Utara, Dinas Perhubungan setempat dan Pol PP setempat. Turut hadir, Wakil Bupati Buton Utara, Kompol (Purn) Ahali.

Baca Juga: Turunkan Tim Investigasi, Kapolri Janji Usut Rusuh Kanjuruhan Malang

Dalam amanatnya, Kapolres Buton Utara, AKBP Bungin Masokan Misalayuk mengatakan, apel gelar pasukan itu dilaksanakan dalam rangka kesiapan pelaksanaan Operasi Zebra Tahun 2022 guna meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat terhadap Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, sehingga tercipta keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcar Lantas) menjelang natal 2022 dan tahun baru 2023 di wilayah hukum Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tenggara.

Bungin mengungkapkan, operasi tersebut dilaksanakan melalui pendekatan persuasif dan edukatif kepada masyarakat pengguna jalan melalui kegiatan Diklat Lantas, penerangan masyarakat, serta pelayanan informasi lalu lintas baik melalui Regional  Traffic Managemen Center (RTMC) Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Sultra dan TMC Polres jajaran.

"Sedangkan kegiatan penindakan pelanggaran terhadap pengemudi yang tidak tertib dalam berlalu lintas dilaksanakan melalui Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) yang telah tergelar di beberapa wilayah di Indonesia," ungkap Bungin. (B)

Penulis: Aris

Editor: Kardin

Baca Juga