Turunkan Tim Investigasi, Kapolri Janji Usut Rusuh Kanjuruhan Malang

Try Wahyudi Ary Setyawan, telisik indonesia
Senin, 03 Oktober 2022
0 dilihat
Turunkan Tim Investigasi, Kapolri Janji Usut Rusuh Kanjuruhan Malang
Kapolri dan Menpora serta Ketum PSSI saat memberi keterangan pers soal penanganan rusuh di Malang. Foto: Ist.

" Polri akan melakukan langkah-langkah terkait insiden Kanjuruhan, Malang, seperti investigasi internal dan trauma healing "

SURABAYA, TELISIK.ID - Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo menegaskan, Polri akan melakukan langkah-langkah terkait insiden Kanjuruhan, Malang.  

Di antaranya investigasi internal, dan trauma healing. Dirinya mengatakan bahwa ia membawa tim gabungan dari Mabes Polri ditambah dengan tim dari Polda Jatim.

"Ini menjadi bagian pertanggungjawaban terhadap publik terkait dengan adanya korban meninggal dunia yang cukup besar dari saudara-saudara kita. Tentunya langkah-langkah internal segera akan kami laksanakan," kata Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit di Malang, Senin (3/10/2022).

Mantan Kabareskrim tersebut mengatakan, tim DVI dikerahkan karena beberapa ruang penyimpanan jenazah rumah sakit di Malang mulai penuh.

Baca Juga: Jurus Pemda Manggarai Antar 4 Desa Tertinggal Jadi Desa Maju

"Karena tempat untuk penyimpanan jenazah di RS di Malang (penuh), oleh karenanya tim DVI Mabes Polri bekerja dengan tim DVI di wilayah setempat untuk melakukan identifikasi secara cepat terhadap korban sehingga korban bisa dikembalikan kepada pihak keluarga dan bisa dimakamkan," paparnya.

Sedangkan Menpora Zainudin Amali menegaskan bahwa Pemerintah Indonesia serius menangani peristiwa ini. Ia juga menyampaikan pesan Presiden RI Joko Widodo agar PSSI segera membenahi sistem kompetisi sepakbola tanah air.

Baca Juga: Pj Bupati Muna Barat Kucurkan Biaya Tak Terduga Bantu Korban Kebakaran

"Mohon bersabar, tentu ini tidak bisa langsung malam ini. Kami belum menyampaikan kesimpulan akhir karena ada proses yang harus dilakukan dan yakinlah bahwa proses ini akan dilakukan dengan seobjektif mungkin dan apapun hasilnya akan disampaikan kepada publik," tegasnya.

Di sisi lain, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengatakan, PSSI akan melakukan investigasi internal terkait penyelenggaraan dan panitia pelaksana pertandingan Arema Vs Persebaya kemarin. Tak hanya itu, ia juga mengatakan akan menghentikan sementara Liga 1.

"Untuk Arema Malang Selama musim kompetisi ini tidak diperbolehkan main di homebase," tukas mantan Kapolda Jawa Barat ini. (A)

Penulis: Try Wahyudi Ari Setyawan

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga