Tabrakan Kapal di Tanjung Pemali Buton, Kapten KM Sumber Rezeki Meninggal Dunia

Febriyani, telisik indonesia
Minggu, 22 Oktober 2023
0 dilihat
Tabrakan Kapal di Tanjung Pemali Buton, Kapten KM Sumber Rezeki Meninggal Dunia
Basarnas bersama warga setempat mengevakuasi korban tabrakan dua kapal di Tanjung Pemali Buton. Foto: Ist.

" Nakhoda Kapal KM Sumber Rezeki 03 yang bertabrakan dengan Kapal MV Sami, dinyatakan meninggal dunia usai menjalani perawatan di Puskesmas Gerak Makmur "

BUTON, TELISIK.ID - Nakhoda Kapal KM Sumber Rezeki yang bertabrakan dengan Kapal MV Sami, dinyatakan meninggal dunia usai menjalani perawatan di Puskesmas Gerak Makmur.

Sementara itu seorang anak buah kapal (ABK) KM Sumber Rezeki 03 yang terjatuh dan hilang di perairan Tanjung Pemali saat tabrakan terjadi, hingga kini belum juga ditemukan.

“Akibat tabrakan ini Nahkoda kapal KM Sumber Rezeki 03 meninggal dunia usai menjalani perawatan, sementara 1 ABK yang hilang belum ditemukan,” ujar Kepala KKP Kendari Muhammad Arafah, Minggu (22/10/2023).

Diberitakan sebelumnya, KM Sumber Rezeki 03 pada Sabtu (21/10/2023) tabrakan dengan kapal VM Sami di Perairan Tanjung Pemali sekitar pukul 03.00 Wita.

Pada pukul 06.05 Wita, Tim Rescue Pos SAR Baubau tiba di lokasi dan berkoordinasi dengan ABK KM Sumber Rejeki 03, selanjutnya melakukan pencarian terhadap 1 orang ABK yang diduga terjatuh dari kapal.

Baca Juga: Dua Kapal Tabrakan di Perairan Tanjung Pemali Buton, Satu Penumpang Hilang

“Pada pukul 08.20 Wita, kami mengevakuasi 5 orang ABK Kapal KM Sumber Rejeki 03,” kata Muhammad Arafah.

Namun pada pukul 09.00 Wita, nakhoda KM Sumber Rejeki 03, Baharudin, pingsan dan diberikan RJP (5 Siklus) namun korban tetap tidak sadarkan diri sehingga diputuskan untuk dievakuasi ke Puskesmas terdekat.

“Pada pukul 09.30 Wita tiba di Puskesmas Gerak Makmur untuk mendapatkan penanganan medis dan pada pukul 10.15 Wita nakhoda KM Sumber Rejeki 03, Baharudin, dinyatakan meninggal dunia oleh dokter yang bertugas menangani di Puskesmas tersebut,” sambungnya.

Pada pukul 10.00 Wita, KM Sumber Rejeki 02 tiba di LKK untuk melakukan penarikan terhadap kapal KM Sumber Rejeki 03 menuju Baubau.

Data POB KM Sumber Rejeki 03 sbb :

1. Baharudin/Laki-laki/55 tahun/Nakhoda/Meninggal dunia

2. Doni/Laki-laki/35 tahun/ABK/Dalam pencarian

3. Ardi/Laki-laki/58 tahun/KKM/Selamat

4. Labili/Laki-laki/57 tahun/ABK/Selamat

5. Yasin/Laki-laki/40 tahun/ABK/Selamat

6. Muharam/Laki-laki/58 tahun/ABK/Selamat.

Baca Juga: Nelayan di Buton Selatan Hilang, Sampan Ditemukan di Pohon Bakau Tepi Pantai

Hingga pukul 17.30 Wita, pencarian yang dilakukan terhadap 1 orang ABK yang diduga terjatuh dari KM Sumber Rejeki 03, tak membuahkan hasil. Pencarian dihentikan sementara dan akan dilanjutkan kembali besok pagi pada pukul 06.30 Wita.

Kronologis peristiwa tabrakan kapal ini berawal pada hari Sabtu (21/10/2023) pukul 03.00 Wita, kapal KM Sumber Rejeki 03 dengan jumlah penumpang 6 orang, rute Binongko menuju Baubau, tabrakan dengan kapal MV. Sami yang berpenumpang 25 orang rute Banjarmasin menuju Maluku Utara, di Tanjung Pemali Kabupaten Buton.

Akibat dari kejadian tabrakan tersebut, salah seorang ABK dari KM Sumber Rejeki 03 bernama Doni (35), tidak ditemukan di kapal pada saat pengecekan. Diduga korban terjatuh ke laut mengingat kondisi kapal KM Sumber Rejeki 03 mengalami kerusakan yg parah akibat tabrakan tersebut. (B)

Penulis: Febriyani

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga