Manfaat Aplikasi Layda-K yang Dilaunching Dukcapil Kota Baubau

Elfinasari, telisik indonesia
Jumat, 18 Agustus 2023
0 dilihat
Manfaat Aplikasi Layda-K yang Dilaunching Dukcapil Kota Baubau
Wali Kota Baubau bersama Kepala Dinas Dukcapil dan OPD saat melaunching aplikasi Layda-k. Foto: Elfinasari/Telisik

" Masyarakat kota Baubau kini tak perlu repot lagi mengurus layanan kependudukan, karena aplikasi kependudukan Layda-k telah hadir di Kota Baubau, Sulawesi Tenggara "

BAUBAU, TELISIK.ID - Masyarakat kota Baubau kini tak perlu repot lagi mengurus layanan kependudukan, karena aplikasi kependudukan Layda-k telah hadir di Kota Baubau, Sulawesi Tenggara.

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Baubau, meluncurkan aplikasi Layda-k di Gedung Maedani pada Jumat (18/8/2023).

Wali Kota Baubau, Laode Ahmad Monianse, memberikan apresiasi dalam sambutannya atas inisiatif dan kinerja Kepala Dinas Dukcapil dalam peluncuran aplikasi itu.

Baca Juga: Yovie and Nuno Siap Guncang Kota Baubau pada Malam Puncak Semarak Merdeka

Aplikasi Lyda-k sudah tersedia dan dapat diunduh di Play Store. Dengan peluncuran aplikasi itu, diharapkan pelayanan kependudukan di Kota Baubau menjadi lebih cepat dan efisien.

Kepala Dinas Dukcapil Kota Baubau, Arif Basaru mengatakan, aplikasi itu mencakup 28 item, termasuk KTP dan KIA.

"Dengan dokumen lengkap, masyarakat dapat mengunggah dan mencetak sendiri dokumen mereka tanpa perlu mengambilnya di kantor," ujarnya.

Fungsi utama dari aplikasi itu, untuk mendekatkan pelayanan Dukcapil kepada masyarakat, khususnya yang berada jauh dari kantor Dukcapil. Itu memungkinkan mereka menerima pelayanan tanpa hambatan jarak dan waktu. Seluruh dokumen yang diperlukan hanya perlu diunggah dalam bentuk file pdf.

Baca Juga: UMKM Dadakan di Kota Baubau Bermunculan di Sepanjang Area Gerak Jalan 17-an

Arif menambahkan, sosialisasi akan dilakukan selama sebulan untuk memperkenalkan aplikasi Lyda-k kepada masyarakat.

"Perekaman data untuk KTP dapat dilakukan langsung di kantor atau kami akan datang ke lokasi. Setelah itu, masyarakat dapat mencetak sendiri dokumen mereka," jelasnya.

Salah seorang warga memberikan tanggapan positif terhadap inisiatif itu.

"Ini memudahkan pengurusan bagi kami yang rumahnya jauh dari kantor Dukcapil," tutur Rahim, warga Kelurahan Kadolomoko. (B)

Penulis: Elfinasari

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga