Tahukah Anda? 7 Bahan Alami Ini Bisa Mengatasi Keputihan Berlebihan

Sasmiraza, telisik indonesia
Kamis, 18 Maret 2021
0 dilihat
Tahukah Anda? 7 Bahan Alami Ini Bisa Mengatasi Keputihan Berlebihan
Kesehatan organ intim wanita harus selalu dijaga. Foto: Repro google.com

" "

KENDARI, TELISIK.ID - Keputihan adalah hal alami yang terjadi pada perempuan. Kelenjar di dalam vagina dan leher rahim Anda menghasilkan sedikit cairan.

Cairan ini mengalir ke luar dari vagina setiap hari, membawa sel-sel tua yang telah melapisi vagina. Inilah cara tubuh Anda menjaga vagina tetap sehat dan bersih.

Keputihan biasanya bening atau seperti susu dan tidak berbau. Warna dan ketebalan debit berubah dengan siklus bulanan Anda. Keluarnya cairan lebih kental saat Anda berovulasi (saat salah satu ovarium melepaskan sel telur), saat menyusui, atau saat bersemangat secara seksual.

Keputihan yang berlebihan dapat menyebabkan infeksi, sehingga penting untuk mengobatinya. Melansir Suara.com jaringan Telisik.id yang dilansir dari Times of India, berikut adalah beberapa bahan alami yang bisa mengurangi keputihan berlebih, antara lain:

1. Biji Fenugreek

Biji fenugreek mungkin masih terdengar asing di telinga Anda. Biji fenugreek berasal dari tanaman dengan nama yang sama yaitu fenugreek atau bisa juga disebut dengan klabet. Biji fenugreek dapat membantu meningkatan jumlah pH pada miss V Anda. Cara mengatasi keputihan berlebih Anda di rumah bisa menggunakan biji ini.

Caranya dengan merendam 1 sdm biji fenugreek dalam air hangat seharian penuh. Lalu saring airnya kemudian minum. Minum air biji fenugreek secara rutin setiap hari setiap sebelum sarapan.

Baca Juga: Ma Kyal Sin: Berarti Hingga Mati

2. Biji Ketumbar

Rendam beberapa sendok teh biji ketumbar dalam air saat malam hingga pagi. Saring airnya di pagi hari, kemudian minum dalam kondisi perut kosong.

Konsumsi biji ketumbar adalah pengobatan rumahan terbaik untuk menyembuhkan keputihan berlebih tanpa efek samping.

3. Air Beras

Kandungan pati dalam air beras bisa membantu mengobati gatal atau peradangan akibat keputihan. Untuk mengonsumsinya Anda bisa mencuci beras, kemudan saring ainya. Kemudian minum secara teratur dengan ditambahkan madu untuk mengatasi keputihan.

4. Daun Jambu Biji

Jika Anda mengalami keputihan disertai gatal, Anda bisa merebus beberapa lembar daun jambu biji dalam air dan meminumnya setelah dingin.

Minum rebusan daun jambu biji dua kali sehari untuk hasil yang optimal.

5. Kunyit

Kandungan zat anti-bakteri pada kunyit dapat membantu menghilangkan keputihan membandel pada miss V. Anda hanya perlu meminum air perasan kunyit yang telah diparut setiap hari. Lebih jelasnya seperti ini :

Kuliti dan bersihkan 2 buah kunyit

Parut kunyit

Peras sarinya dengan menambahkan air

Tambahkan 1 sdm madu

Minum 2 kali dalam sehari. Rutin minum perasan kunyit setiap hari agar keputihan segera teratasi.

6. Daun Sirih

Cara mengatasi keputihan ternyata bisa menggunakan daun sirih juga sudah terkenal. Buktinya adalah dengan banyaknya produk pembersih miss V yang menggunakan ekstrak sirih.

Zat dalam daun sirih juga bersifat sebagai antibakteri dan anti jamur. Caranya pun mudah. Anda hanya perlu merebus beberapa lembar daun sirih dengan 2 gelas air. Tunggu hingga air hanya tinggal setelah. Minum air rebusan daun sirih setiap hari.

Baca Juga: Update UTBK-SBMPTN 2021: 38.605 Siswa Sudah Mendaftar

7. Daun Sambiloto

Daun sambiloto juga dapat menjadi cara mengatasi keputihan secara alami. Caranya sama dengan mengonsumsi daun sirih. Dengan merebus daun sambiloto dengan air lalu meminumnya.

Keputihan sendiri bisa juga disebabkan oleh  kebersihan area vagina, terlalu cemas, hingga kekurangan nutrisi. Gejala keputihan bisa disertai dengan  kelelahan, gatal, lemas, bau tidak sedap di vagina hingga sembelit. (C)

Reporter: Sasmiraza

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga