Sejumlah Negara Diserang, Cacar Monyet Sudah Sampai Tetangga Indonesia

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Jumat, 20 Mei 2022
0 dilihat
Sejumlah Negara Diserang, Cacar Monyet Sudah Sampai Tetangga Indonesia
Monkeypox atau cacar monyet kini mengkhawatirkan, bahkan semakin meluas ke sejumlah negara. Foto: Repro hellosehat.com

" Penyebaran penyakit monkeypox atau cacar monyet kini mengkhawatirkan, bahkan semakin meluas ke sejumlah negara "

JAKARTA, TELISIK.ID - Penyebaran penyakit monkeypox atau cacar monyet kini mengkhawatirkan, bahkan semakin meluas ke sejumlah negara.

Melansir Suara.com - jaringan Telisik.id, otoritas melaporkan kasus baru ditemukan di Swedia, Prancis dan Italia. Negara tetangga Indonesia, Australia, pun melaporkan kasus pertamanya pada Jumat (20/5/2022).

Laporan tersebut menyusul konfirmasi kasus di Inggris, Amerika Serikat (AS), Spanyol dan Portugal, serta penyelidikan 13 kasus yang dicurigai di Kanada.

Dengan begitu, sudah ada sedikitnya delapan negara yang terkonfirmasi ada temuan penyebaran kasus cacar monyet.

Diketahui, cacar monyet paling sering terjadi di daerah terpencil di Afrika Tengah dan Barat. Penyakit di luar daerah acapkali dikaitkan dengan perjalanan ke kawasan-kawasan tersebut.

Baca Juga: Waspada, Ini 5 Gejala dan Tanda Gula Darah Tinggi

Menyadur BBC, monkeypox adalah virus langka yang ringan dan dapat sembuh dalam beberapa pekan. Virus tersebut juga tidak menyebar dengan mudah di antara orang-orang.

Risiko penularan secara luas bisa dibilang sangat rendah. Dilansir laman Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Eropa (ECDC), Portugal melaporkan lima kasus cacar monyet terkonfirmasi dan lebih dari 20 kasus yang dicurigai pada 18 Mei 2022.

Adapun Spanyol melaporkan delapan kasus yang dicurigai cacar monyet. Di Inggris, kasus pertama cacar monyet dilaporkan Badan Keamanan Kesehatan Inggris (UKHSA) pada 7 Mei 2022 dan diyakini kasus impor.

Selanjutnya pada 14 Mei 2022, ada dua kasus cacar monyet yang ditemukan di Inggris. Dua orang yang terkena cacar monyet itu tinggal di rumah yang sama.

Lalu empat kasus selanjutnya dikonfirmasi oleh UKHSA pada 16 Mei 2022. Keduanya juga tidak memiliki riwayat perjalanan ke daerah endemik monkeypox.

Sementara Australia pada Jumat melaporkan kasus dugaan pertamanya pada seorang pria yang jatuh sakit setelah kembali dari perjalanan di Eropa.

Kemudian ada satu kasus cacar monyet ditemukan di Swedia pada Kamis (19/5/2022). Kemudian satu kasus di Italia dan satu lagi dicurigai di Prancis.

Di Amerika Utara, otoritas kesehatan di negara bagian Massachusetts juga mengonfirmasi bahwa seorang pria telah terinfeksi cacar monyet.

Dia baru-baru ini melakukan perjalanan ke Kanada. Media lokal juga melaporkan bahwa 13 kasus dugaan virus cacar monyet itu tengah diselidiki.

Baca Juga: Amankah Lepas Masker di Tengah Ancaman Hepatitis Akut? Ini Kata Kemenkes

Sebagai informasi, mengutip kemkes.go.id, monkeypox adalah penyakit akibat virus yang ditularkan melalui binatang (zoonosis). Virus monkeypox merupakan anggota genus Orthopoxvirus dalam keluarga Poxviridae.

Genus Orthopoxvirus juga termasuk virus variola (penyebab cacar Smallpox) dan virus vaccinia (digunakan dalam vaksin cacar Smallpox.

Penularan ke manusia dapat terjadi melalui kontak dengan hewan atau manusia yang terinfeksi, atau dengan bagian tubuh manusia yang mengandung virus.

Adapun penularan virus cacar monyet antar manusia sebagian besar terjadi melalui tetesan pernapasan. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga