Tahun Ini Kota Baubau Hadirkan Satlinmas Wanita Amankan TPS

Elfinasari, telisik indonesia
Selasa, 13 Februari 2024
0 dilihat
Tahun Ini Kota Baubau Hadirkan Satlinmas Wanita Amankan TPS
Kasat Pol PP Kota Baubau, La Ode Muhammad Takdir menjelaskan bahwa pemilu kali ini Linmas wanita dihadirkan untuk menjaga TPS. Foto: Elfinasari/Telisik

" Pada pemilu lalu, partisipasi perempuan Linmas ditugaskan di tingkat kelurahan saja. Namun pada tahun ini, Linmas perempuan juga dikerahkan di TPS "

BAUBAU, TELISIK.ID - Pemilu 2024 akan diselenggarakan serentak di seluruh Indonesia termasuk di Kota Baubau untuk memilih presiden dan anggota legislatif di tingkat daerah hingga pusat.

Persiapan tersebut melibatkan berbagai lembaga yang terlibat dalam pemilu, termasuk persiapan pengamanan oleh aparat berwajib termasuk Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas).

Kasat Pol PP Kota Baubau, La Ode Muhammad Takdir, menjelaskan bahwa persiapan pengamanan TPS melibatkan Linmas yang telah menjalani pelatihan khusus. Dalam pelatihan tersebut, materi disampaikan oleh berbagai pihak seperti Bawaslu, KPU, Polri, dan Pol PP.

Ia menjelaskan, sebelumnya terdapat kendala yang muncul, seperti orang-orang yang keluar daerah dan membawa pakaian Linmas yang telah disediakan. Untuk mengantisipasi hal tersebut, Satgas Linmas dari Sat Pol PP telah disiapkan.

Baca Juga: Polres Buton Kerahkan 315 Personel Amankan TPS

“Jumlah Linmas yang dikerahkan di Kota Baubau mencapai 892 orang untuk menjaga 449 TPS,” ucapnya.

Dan untuk tahun ini terdapat pula Linmas wanita dalam pengamanan di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Menurut Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Wolio, Muhammad Yunus Fahimuddin, jumlah total Linmas untuk Kecamatan Wolio adalah 121 orang, dimana setiap dua orang Linmas tersebar di masing-masing TPS.

Baca Juga: Polres Baubau Petakan 7 TPS Paling Rawan

“Di Kelurahan BWI, terdapat 33 TPS, sehingga total Linmas yang diperlukan di sana adalah 66 orang,” ucapnya.

Satlinmas TPS 11 Kelurahan Bukit Wolio Indah, La Ode Syahrul menjelaskan bahwa pendaftaran Linmas dimulai sekitar bulan Januari dan telah dilaksanakan bimbingan teknis (bimtek).

Ia menjelaskan bahwa tahun sebelumnya, terdapat partisipasi perempuan Linmas, yang ditugaskan di tingkat kelurahan saja. Namun pada tahun ini, Linmas perempuan juga dikerahkan di Tempat Pemungutan Suara (TPS). (A)

Penulis: Elfinasari

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga