Taiwan Tolak Produk Mi Instan dari Indonesia, Ada Apa?

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Rabu, 06 Juli 2022
0 dilihat
Taiwan Tolak Produk Mi Instan dari Indonesia, Ada Apa?
Mi instan banyak digemari masyarakat. Tapi ternyata beberapa produk mi instan Indonesia ditolak masuk ke Taiwan. Foto: Repro shutterstock

" Kapal pengangkut mi instan dari Indonesia ditahan oleh Otoritas Badan Makanan dan Obat-obatan Taiwan (FDA) "

JAKARTA, TELISIK.ID - Meski banyak digemari masyarakat, pasokan mi instan dari Indonesia yang dibawa oleh beberapa kapal pengangkut tidak dapat masuk ke negara Taiwan.

Dilansir Suara.com dari Antara, kapal pengangkut mi instan dari Indonesia ditahan oleh Otoritas Badan Makanan dan Obat-obatan Taiwan (FDA).

Diketahui, penahanan tersebut dilakukan karena tingkat kandungan residu pestisida pada mie instan itu di atas ambang batas.

Tidak hanya dari Indonesia, beberapa produk mi instan dari Filipina dan Jepang turut ditolak pihak Taiwan.

Dalam laporan impor makanan mingguan pada Selasa di Taipei, FDA menyebutkan 19 kapal ditolak masuk ke Taiwan oleh Badan Bea Cukai setempat, termasuk tujuh kapal pengangkut mi instan yang totalnya mencapai 4.431,96 kilogram.

Baca Juga: Mengenal Ingrid Mattson, Mualaf Paling Berpengaruh di Ormas Islam di Amerika

Dikutip Kantor Berita CNA, menurut FDA, di antara kapal niaga yang ditolak masuk tersebut mengangkut 4.074,4 kilogram Mie Sedap dari Indonesia kemasan cup dan 327,6 kilogram Lucky Me dari Filipina kemasan cup yang semuanya diimpor oleh ELOM Group Company dari Taiwan.

Bea Cukai juga menolak masuk 56,96 kilogram mi instan kemasan cup Acecook dari Jepang yang diimpor perusahaan Taiwan lainnya Zhong Xin International Development Co.

Baca Juga: Maria Ozawa dan Sora Aoi Buka-Bukaan Soal Gaji Jadi Bintang Film Porno Jepang, Bikin Kaget

Mengingat banyaknya pengiriman mi instan yang terkontaminasi residu berasal dari Indonesia, FDA mengatakan, petugas bea cukai akan meningkatkan persentase sampel pemeriksaan makanan impor dari Indonesia yang semula lima hingga 10 persen menjadi sekitar 20 persen.

Taiwan juga menolak masuk Best Camellia Oil dari China dan teh celup Queen Victoria dari Australia.

Semua barang makanan dan minuman yang ditolak masuk karena tidak memenuhi standar tersebut akan dikembalikan atau dimusnahkan, demikian kata FDA. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga