Tak Ada Lagi Pungli di Pantai Toronipa

Ahmad Jaelani, telisik indonesia
Senin, 06 Februari 2023
0 dilihat
Tak Ada Lagi Pungli di Pantai Toronipa
Pungli di Pantai Toronipa perlahan tak ada lagi. Tampak pengunjung Pantai Toronipa dan plang imbauan untuk tidak membayar uang retribusi masuk Pantai Toronipa. Foto: Ahmad Jaelani/Telisik

" Pantai Toronipa yang sebelumnya diisukan marak akan pungli, secara perlahan mulai normal kembali "

KONAWE, TELISIK.ID - Pantai Toronipa  yang sebelumnya diisukan marak akan pungli, secara perlahan mulai normal kembali. Dampak positifnya dirasakan langsung oleh para pengunjung.

Hal ini turut diperkuat dengan spanduk imbauan dari Pemerintah Kabupaten Konawe yang terpampang jelas terpasang di Pantai Toronipa.

Spanduk tersebut bertuliskan, "Imbauan kepada para pengunjung Pantai Toronipa untuk tidak membayar uang masuk dan biaya parkiran. Sebelum ada legalitas resmi dari pemerintah."

Dari pantauan Telisik.Id di lokasi pada hari Minggu (5/2/2023), yang sebelumnya harus membayar biaya masuk sebesar Rp 15.000 per satu orang. Kini tanpa membayar bisa masuk ke Pantai Toronipa.

Hal ini pun turut dirasakan oleh pengunjung Laras Mahardika (23). Ia beserta rombongannya berjumlah 7 orang mengunakan mobil masuk ke Pantai Toronipa tanpa membayar uang retribusi seperti sebelumnya.

Baca Juga: Oknum Petugas Pantai Toronipa Disanksi Atas Dugaan Pungli

"Bulan lalu saya datang dua kali di Pantai Toronipa, selalu bayar uang masuk hari ini saya senang tidak bayar lagi," ujar Laras.

Bukan hanya biaya masuk yang sempat diduga marak pungli, tetapi juga tarif mendirikan atau memasang tenda camping sebesar Rp 50.000. Di hari itu tidak ditemukan.

Pengunjung lain, Majid (28) mengatakan, ia beserta rekan-rekanya berjumlah 10 orang, memasang tenda camping dan juga hammock pada pohon di pantai tidak dikenakan atau dimintai biaya tambahan oleh oknum pelaku pungli.

Baca Juga: Pengunjung Pantai Toronipa Membludak Meski Sempat Diduga Marak Pungli

Kabar baiknya lagi harga sewa gazebo  yang sempat melambung tinggi awal 2023, kini mulai mengalami penurunan harga.

Seorang ibu YP (56) juga memberikan informasi terkait harga gazebo yang mulai mengalami penurunan. Gazebo yang ia sewakan dengan 3 jenis berbeda. Ukuran kecil ia sewakan Rp 100.000, ukuran sedang 250.0000 sementara gazebo dengan ukuran besar Rp 500.000.

"Harga gazebo sudah turun di pertengahan bulan Januari berbeda dengan awal Natal dan Tahun Baru," ucap YP. (A)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga