Pemda Konawe Peringati Hari Guru Nasional dan Hari Ulang Tahun PGRI ke-78

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Selasa, 12 Desember 2023
0 dilihat
Pemda Konawe Peringati Hari Guru Nasional dan Hari Ulang Tahun PGRI ke-78
Penyerahan hadian kepada juara lomba sekolah sehat tingkat Kabupaten Konawe. Foto: Ist.

" Pemerintah Kabupaten Konawe menggelar upacara peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2023 dan Hari Ulang Tahun PGRI ke-78 tahun 2023, di lapangan Apel Kantor Bupati Konawe, Sabtu (25/11/2023) "

KONAWE, TELISIK.ID - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe menggelar upacara peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2023 dan Hari Ulang Tahun PGRI ke-78 tahun 2023, di lapangan Apel Kantor Bupati Konawe, Sabtu (25/11/2023).

Upacara Hari Guru Nasional dan Hari Ulang Tahun PGRI ke-78 tahun ini dihadiri ratusan guru jenjang pendidikan Taman Kanak-Kanak (TK) hingga SMA.

Hadir dalam kegiatan ini, Sekretaris Daerah (Sekda) Konawe Ferdinand Sapan, Forkopimda, para pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemkab Konawe, serta para guru dan kepala sekolah se-Kabupaten Konawe.

Baca Juga: Pemda Konawe Bakal Bangun Pemecah Gelombang di Desa Saponda dan Bokori

Pj Bupati Konawe, Harmin Ramba, dalam sambutannya membacakan pidato Menteri Pendidikan, Kebudayaan Riset, dan Teknologi Nadiem Anwar Makarim. Menurutnya, para guru diidentifikasi sebagai nakhoda yang tetap teguh memandu kapal Merdeka Belajar tanpa menyimpang dari arah yang telah ditetapkan.

Penyerahan piagam penghargaan kepada guru yang berdedikasi di Kabupaten Konawe. Foto: Ist.

 

Ia menyampaikan keyakinan bahwa semua pendidik di seluruh Indonesia akan terus bergerak mewujudkan Merdeka Belajar. Optimisme ini dipicu oleh pencapaian bersama selama empat tahun terakhir.

"Pada tahun pertama Merdeka Belajar, kita menghapus Ujian Nasional dan memberi kepercayaan kepada guru untuk menilai hasil belajar muridnya. Asesmen Nasional diterapkan untuk menciptakan lingkungan belajar yang aman, inklusif, dan menyenangkan, menumbuhkan kemampuan literasi, numerasi, dan karakter murid," ungkapnya.

Menteri Pendidikan juga meluncurkan Kurikulum Merdeka di tahun berikutnya. Harmin Ramba menekankan bahwa kurikulum ini dinantikan oleh para guru karena mereduksi beban murid dengan mengurangi jumlah materi dan menekankan pemahaman mendalam. Lebih jauh, Kurikulum Merdeka memberikan kebebasan kepada guru untuk mengembangkan pembelajaran sesuai kebutuhan murid.

"Terobosan besar lainnya adalah Pendidikan Guru Penggerak, yang mendorong lahirnya generasi guru, kepala sekolah, dan pengawas sekolah yang mampu memimpin perubahan nyata," paparnya.

Pj Bupati Konawe saat menjadi inspektur upacara peringatan Hari Guru Nasional dan HUT PGRI. Foto: Ist.

 

Harmin Ramba juga menyampaikan kabar menggembirakan bahwa Indonesia semakin dekat mencapai target satu juta guru ASN PPPK untuk meningkatkan kesejahteraan para pendidik.

"Saya percaya bahwa Hari Guru Nasional tahun ini bukan salam perpisahan, tetapi penanda kesatuan tekad kita untuk mengakselerasi kemajuan sistem pendidikan Indonesia," jelasnya.

Dalam peringatan Hari Guru Nasional ini, Penjabat Bupati Konawe Harmin Ramba juga memberikan penghargaan kepada 22 guru dan kepala sekolah (kasek) lingkup Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara, dan pemenang lomba sekolah sehat.

Harmin Ramba dalam surat keputusan Bupati Konawe menyebutkan, penghargaan ini sebagai apresiasi atas dedikasi dan prestasi para guru dan kepala sekolah dalam melaksanakan tugas sebagai pahlawan pendidikan.

Peserta upacara peringatan Hari Guru Nasional dan HUT PGRI ke-78 di Kabupaten Konawe. Foto: Ist.

 

Berikut daftar guru dan kepala sekolah berprestasi dan berdedikasi serta pemenang lomba sekolah sehat berdasarkan SK Bupati Konawe Nomor 1923 Tahun 2023.

1. Edi Arham - SDN Lalowata - Guru Inovatif

2. Haris Risal Denggo - SD Lalomerui - Guru Inovatif

3. Riskawati - SDN 1 Wawotobi - Guru Inovatif

4. Normayanti- SDN 1 Ambekairi - Guru Penggerak Inovatif

5. Aricia Pristianti - SMPN 1 Sampara - Guru Penggerak Inovatif

6. Aslidar - SDN 3 Lalohao - Kepala Sekolah Inovatif

7. Latona - SDN 2 Sonay - Kepala Sekolah Berdedikasi

8. Hartiningsi - TKN Tusawuta Kasupute - Sekolah Penggerak

9. Runi - SMPN 1 Sampara - Sekolah Penggerak

10. Hasrudin - SMPN 2 Unaaha - Kepala Sekolah Penggerak.

Pemenang Juara Lomba Sekolah Sehat (LSS) Lingkup Kabupaten Konawe.

Tingkat  TK

1. TK Tri Sari - Amonggedo - (210)

2. TK Dharma Pertiwi - Wonggeduku Barat - (209,25)

3. TK Atowatu - Soropia - (191)

Tingkat  SD

1. SD 2 Amosilu (236)

2. SD Matanggorai (221)

3. SDN 3 Puday (218)

Tingkat SMP

1. SMPN 3 Amonggedo (220)

2. SMPN 2 Soropia (214)

3. SMPN 2 Onembute (198)

Tingkat SMA

1. SMAN 1 Besulutu (220)

2. SMAN 1 Wonggeduku (217)

3. SMAN 1 Soropia (193)

Baca Juga: Pemda Konawe Bangun 15 Titik V-sat Akses Internet di Kecamatan Soropia

Melansir dari Kemdikbud.go.id, peringatan HGN juga menjadi ruang apresiasi yang diberikan kepada para guru atas semangat belajar, berbagi, dan berkolaborasi dalam merdeka belajar demi terwujudnya pembelajaran yang aman, nyaman, dan menyenangkan bagi peserta didik.

Tema peringatan HGN tahun 2023 adalah “Bergerak Bersama, Rayakan Merdeka Belajar”. Masyarakat dapat menyaksikan siaran langsung puncak peringatan Hari Guru Nasional 2023 di kanal YouTube KEMENDIKBUD RI dan Indonesiana TV pada Sabtu (25/11/2023), pukul 15.00 WIB hingga selesai.

“Mari bersama kita berikan apresiasi dan penghargaan kepada para guru-guru Indonesia yang selalu belajar, berbagi, dan berkolaborasi dengan semangat Merdeka Belajar, serta telah berjuang untuk menciptakan pembelajaran yang aman, nyaman, dan menyenangkan bagi murid,” tutur Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK), Nunuk Suryani, di Jakarta, Jumat (24/11/2023). (B-Adv)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga