Tak Ada Riak, Pilkades di Bombana Berlangsung Damai

Hir Abrianto, telisik indonesia
Minggu, 20 Februari 2022
0 dilihat
Tak Ada Riak, Pilkades di Bombana Berlangsung Damai
Proses penghitungan surat suara oleh PPTD Desa Tirongkotua, Hir Abrianto/Telisik

" Pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) yang digelar secara serentak pada Minggu (20/2/2022) berlangsung damai "

BOMBANA, TELISIK.ID - Pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) yang digelar secara serentak pada Minggu (20/2/2022) berlangsung damai.

Kepala Dinas PMD Bombana, Hasdin Ratta saat dikonfirmasi waktu lalu menuturkan, tahapan pelaksaan Pilkades Serentak di 109 desa dipastikan tetap berlangsung sesuai tahapan yang telah ditetapkan.

Dalam pantauan Telisik.id, pelaksaan Pilkades di salah satu desa Kecamatan Kabaena, Desa Tirongkotua sukses berlangsung dengan damai dan tertib yang diikuti oleh 5 orang calon kepala desa.

Camat Kabaena Selatan, Agus Salam dalam sambutannya, usai penghitungan surat suara hasil pencoblosan mengungkapkan, bersyukur karena tahapan Pilkades berjalan dengan sangat tertib.

Kata dia, meski penghitungan suara telah selesai dan pemenang telah diketahui, Ia mengingatkan, tahapan Pilkades belum selesai.

"Terima kasih seluruh masyarakat sudah berkomitmen menyalurkan hak demokrasi baik yang dipilih maupun memilih. Kami perlu sampaikan tahapan masih ada, jadi ayo kita kawal bersama sampai tuntas dengan damai," ucap Agus Salam.

Baca Juga: Tingkatkan PAD, RS dr H LM Baharuddin Bakal Terapkan Parkir Elektronik

Tempat sama, Pelaksana Kepala Desa Tirongkotua, Andi Patawari menilai, Pilkades yang berjalan tertib karena masyarakat Desa Tirongkotua masih menjaga kearifan lokal yang dapat menepis polarisasi antar pendukung calon.

"Selamat bagi yang terpilih. Kita semua harus legowo, karena pada dasarnya visi-misi juga kami lihatnya hampir sama," kata Andi Patawari.

Tidak hanya masyarakat yang ikut bersenang-senang usai mendegarkan perolehan suara yang dibacakan secara terbuka oleh PPTD, Pihak Pengamanan Pos PAM Pilkades TNI PORLI bangga melihat masyarakat desa tirongkotua yang mampu menampilkan wajah politik yang sehat.

Baca Juga: Aksi Nyata KNPI Muna, Bicang Sehat, Pemeriksaan Kesehatan Hingga Donor Darah

"Di sini kami saksikan baik antar calon dan pendukung berpelukan setelah menyaksikan penghitungan surat suara. Kami dari pengawal keamanan turut bersyukur proses demokarsi berjalan dengan sehat dan panitia pelaksana juga laksanakan semua tahapan secara terbuka dan santun," ucap Muhammad Saleh, Personil Kepolisian Polres Bombana PAM TPS Pilkades di Desa Tirongkotua.

Berdasarkan pantauan, Perolehan suara masing-masing nomor urut 1 Abdul Majid: 78 suara, nomor 2, Muhtar: 58 suara, nomor 3 Herisna: 51 suara, nomor 4, Arsidin: 148 suara dan nomor 5, A Salam peroleh suara 22. (B)

Reporter: Hir Abrianto

Editor: Kardin

Baca Juga