Tak Bayar Pajak Bumi dan Bangunan, TPP ASN Terancam Tak Dibayar

Sumarlin, telisik indonesia
Rabu, 05 April 2023
0 dilihat
Tak Bayar Pajak Bumi dan Bangunan, TPP ASN Terancam Tak Dibayar
Pj Wali Kota Kendari menyerahkan SPPT PBB pada Camat Mandonga. Setelah diserahkan, diharapkan SPPT segera diserahkan kepada masyarakat. Foto: Ist.

" ASN lingkup Pemkot Kendari yang tidak membayar Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), terancam tidak menerima tambahan penghasilan pegawai (TPP) "

KENDARI, TELISIK.ID - Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari Asmawa Tosepu mengancam Aparatur Sipil Negara (ASN) yang tidak membayar Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), tambahan penghasilan pegawai (TPP) tidak akan dibayarkan.

"Pada saat pencairan tambahan penghasilan pegawai atau TPP untuk bulan berjalan ini, itu akan kita lihat untuk ASN yang belum bayar PBB maka kita akan ditangguhkan. Jadi ASN ini tidak hanya menuntut hak saja tapi juga menjalankan kewajiban," tegasnya, saat menyerahkan Surat Pemberitahuan Pajak Terhutang (SPPT) Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) P2 di Ruang Pola Balai Kota Kendari, Rabu (5/4/2023).

Asmawa menilai, PBB memiliki peran penting dalam mendukung pembangunan sekaligus penyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD) terbesar di Kota Kendari.

Apalagi tahun 2022 capaian PAD Kota Kendari melebihi target 100 persen, sehingga Kota Kendari mendapatkan penghargaan. PBB merupakan salah satu sumber PAD yang digunakan untuk membiayai pembangunan prioritas di pemerintah kota, karenanya pendapatan dari sektor PBB diharapkan dapat terus meningkat.

Baca Juga: Banggar DPRD Muna Setujui TPP ASN Rp 35 Miliar

Untuk mempermudah masyarakat dalam membayar pajak, pembayaran bisa dilakukan secara langsung maupun secara online (Pajak Menyapa).

Hal senada juga disampaikan oleh Kepala Bapenda Kota Kendari, Satria Damayanti. Menurutnya, pembayaran PBB online dapat diakses melalui Jakpa (Pajak Menyapa) atau melalui transfer rekening pajak bumi dan bangunan secara langsung.

Pembayaran pajak bumi dan bangunan secara online ini dapat dilakukan oleh semua jenis bank, tidak hanya Himbara.

Baca Juga: TPP ASN Konawe Selatan Segera Cair, Disiplin dan Kinerja harus Lebih Baik

"Itu akan dilakukan pelunasan-pelunasan dalam sistemnya kami, kita menggunakan M-Banking semua boleh," ungkapnya.

Penyerahan SPPT PBB ini dilakukan Pj Wali Kota Kendari, didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) dan Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Kendari.

Jumlah SPPT PBB yang diserahkan oleh Pemkot Kendari di tahun ini sekira 118 ribu lembar. SPPT ini diterima oleh perwakilan kepala OPD, camat dan lurah se-Kota Kendari bersama perwakilan kepala puskesmas dan perwakilan kepala SD dan SMP di Kota Kendari. (B)

Penulis: Sumarlin

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga