Tak Hanya Manusia, Deretan Hewan Ini Hobi Rebahan

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Senin, 15 Mei 2023
0 dilihat
Tak Hanya Manusia, Deretan Hewan Ini Hobi Rebahan
Kungkang merupakan salah satu hewan yang bergerak lambat, hewan ini bisa tidur kapanpun bahkan hingga 20 jam sehari tanpa memandang waktu siang ataupun malam. Foto: Repro

" Tak hanya manusia, beberapa hewan rupanya memiliki kebiasaan unik yaitu tiduran "

KENDARI, TELISIK.ID - Tak hanya manusia, beberapa hewan rupanya memiliki kebiasaan unik yaitu tiduran atau yang sering dikenal dengan bahasa kekinian rebahan.

Mengutip Bbc.com, Direktur Pusat Penelitian Tidur di UCLA California AS Dr Jerome Siegel menuturkan, tidur merupakan sebuah cara yang digunakan hewan agar lebih efesien.

Sejumlah binatang tidur lebih lama dibandingkan yang lainnya, dan Siegel mengatakan hal itu sebagian besar tergantung dari berapa lama waktu yang mereka habiskan untuk makan.

“Hewan-hewan yang mengkonsumsi makanan dengan kepadatan kalori rendah, tak banyak tidur, meskipun tidur dapat disesuaikan dengan kebutuhan binatang.” tambahnya.

Baca Juga: Fakta Unik Otter: Hewan Pintar yang Bisa Bantu Manusia

Melansir Detik.com, berikut deretan hewan dengan tidur durasi terlama di antaranya:

1. Koala (22 jam)

Salah satu spesies paling gampang mengantuk adalah koala. Hewan yang dilindungi ini suka bermalas-malasan dan tidur hingga 22 jam per hari. Salah satu yang menyebabkan mereka bisa tidur lama adalah faktor makanan.

Koala memakan daun kayu putih yang memang tidak memberikan banyak nutrisi untuk koala. Jadi jangan heran deh kalau koala gampang lemas karena makanannya tidak mencukupi kebutuhannya.

2. Kungkang (20 jam)

Hewan mamalia yang bisa ditemukan di Amerika Tengah dan Selatan ini punya jam tidur mencapai 20 jam, lho. Kungkang yang memiliki ciri khas pergerakan lambat biasanya tidur di pepohonan. Hebatnya, mereka bisa tidur kapanpun tanpa memandang waktu siang ataupun malam.

Baca Juga: Deretan Hewan Ini Bisa Deteksi Gempa, Ada Hewan Rumahan

3. Armadillo

Armadillo raksasa masuk dalam daftar hewan yang mudah mengantuk menilik dari kebiasaan mereka menghabiskan waktu sekitar 18 jam di dalam liang bawah tanah. Tetapi tidak ada bukti bahwa mereka menghabiskan seluruh waktu untuk istirahat tidur.

"Sebenarnya kami menduga mereka juga makan, secara umum liang mereka dekat dengan gundukan sarang rayap dan kamar tidur mereka seringkali berada di dasar gundukan rayap itu," Dr Arnaud Desbiez, koordinator Proyek Pantanal Giant Armadillo. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga