Fakta Unik Otter: Hewan Pintar yang Bisa Bantu Manusia

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Sabtu, 10 Desember 2022
0 dilihat
Fakta Unik Otter: Hewan Pintar yang Bisa Bantu Manusia
Otter adalah salah satu hewan yang bersahabat dengan manusia, ia bisa dilatih untuk membantu pekerjaan manusia. Foto: Repro Wikipedia

" Banyak dari Telisikers pasti belum tahu hewan imut yang satu ini, namanya otter. Meski sekilas terlihat seperti berang-berang, namun kedua hewan ini berbeda, lho "

JAKARTA, TELISIK.ID - Banyak dari Telisikers pasti belum tahu hewan imut yang satu ini, namanya otter. Meski sekilas terlihat seperti berang-berang, namun kedua hewan ini berbeda, lho.

Dikutip dari detik.com, otter sebenarnya lebih berkerabat dengan musang, luwak atau mustalidae, berbeda dengan berang-berang sebagai hewan pengerat yang lebih condong menjadi keluarga tikus.

Bukan hanya namanya yang unik dan jarang diketahui orang, otter juga punya beberapa karakter unik yang jarang dipunyai hewan lain.

Berikut Telisik.id rangkum beberapa fakta unik mengenai hewan otter:

Baca Juga: Kisah Unik Tiara Lotus Flower yang Dipakai Kate Middleton Ternyata Sempat Hilang

Fakta pertama, otter bisa membantu manusia. Otter merupakan salah satu hewan yang paling bersahabat dengan manusia. Contohnya seperti di India, otter membantu para nelayan India untuk menangkap ikan.

Otter-otter itu dilatih untuk menangkap ikan sebanyak-banyaknya dan menaruhnya di jaring nelayan.

Fakta kedua, otter senang bermain. Tak hanya bentuknya yang gemoy, hewan otter juga punya sifat suka bermain layaknya anak kecil. Mereka sangat aktif hingga bisa menciptakan seluncuran dipinggir sungai untuk bermain bersama, baik otter kecil maupun dewasa.

Fakta ketiga, otter berpegangan saat tidur. Otter laut biasanya tidur mengambang diatas laut, mereka berpegangan saat tidur untuk mencegah terpisah dari otter lainnya.

Berpegangan tangan menjaga mereka agar tetap dekat meski dihantam ombak laut, terkadang otter tidur berselimutkan rumput laut agar tubuhnya tidak hanyut jauh ke laut lepas.

Fakta keempat, beberapa spesies tidak punya kuku. Beberapa spesies otter, seperti otter yang sering ditemukan di sungai pasalnya tidak memiliki kuku. Mereka biasa disebut dengan berang-berang cakar kecil asia atau Asian Small Clawed Otter.

Otter ini biasanya lebih gesit dalam mencari makan menggunakan kaki depannya. Ketangkasannya dalam memburu ikan bahkan bisa menyaingi manusia.

Fakta kelima, otter pandai berenang. Kecepatan renang otter bisa mencapai tujuh mil per jam. Mereka juga bisa menahan napas 3-4 menit didalam air.

Karna ekornya yang kuat mendayung arus, beluk lagi selaput di jari-jarinya menjadikan otter sebagai salah satu hewan perenang handal.

Dilansir dari celebrities.id, seorang pemilik otter, Marcell Rudi mengatakan otter bukan hewan yang dilindungi di Indonesia dan boleh dipelihara. Namun cara memelihara hewan ini menurutnya sedikit ribet dan berisiko.

Baca Juga: 4 Ikan dengan Penampilan Terunik di Dunia

Butuh komitmen yang tinggi untuk merawat hewan yang satu ini dengan baik.

"Waktu kecil, otter gak boleh kedinginan makanya harus diselimuti dan gak boleh kepanasan juga nanti overheat. Karena otter itu rentan mati ketika dia masih kecil. Ketika kecil otter minum susu yang non laktosa. Untuk makanannya, dia suka makan ikan mentah atau ayam mentah,” ujar Marcell.

Sedikit tips bagi Telisikers yang berniat merawat otter, kalian butuh wadah air yang luas karena otter adalah hewan semi akuatik yang hobi berenang. Selain itu kandang yang disediakan juga harus luas untuknya bisa bermain secara bebas.

Otter pasalnya mudah stress jika ditempatkan diruangan yang sempit. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Kardin 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga