Tambahan Pasien COVID-19 di Atas 100 Per Hari Menjadi Warning

Musdar, telisik indonesia
Senin, 28 September 2020
0 dilihat
Tambahan Pasien COVID-19 di Atas 100 Per Hari Menjadi Warning
Ketua DPRD Kota Kendari, Subhan. Foto: Ist.

" Karena bagaimanapun, itu salah satu untuk mengantisipasi terjadinya kerumunan, (pemicu penularan). "

KENDARI, TELISIK.ID - Kasus penularan COVID-19 di Kota Kendari terus mengalami peningkatan. Bahkan tak main-main, penambahannya telah mencapai di atas 100 orang per hari.

Menanggapi kondisi tersebut, Ketua DPRD Kota Kendari, Subhan mengatakan, bertambahnya orang terpapar hingga di atas 100 orang per hari memberikan warning agar Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari segera mengambil  langkah-langkah strategis.

Subhan menyebut, Pemkot perlu memaksimalkan penerapan Perwali Nomor 47 Tahun 2020 dan Surat Edaran 4431/2992/2020 sebagai upaya pencegahan dan pengendalian COVID-19.

"Karena bagaimanapun, itu salah satu untuk mengantisipasi terjadinya kerumunan, (pemicu penularan)," ujar Subhan, Senin (28/9/2020).

Kemudian, Pemkot Kendari lebih intens memberikan edukasi kepada masyarakat. Sebab menurut Subhan, masyarakat sekarang ini nampak seperti biasa saja dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

Baca juga: Pilot Helikopter saat Unras Diperiksa

"Walaupun aktivitas seperti biasa tapi Prokes merupakan kewajiban yang harus diterapkan secara bersama-sama untuk melindungi kita dan orang lain tentunya," terang Politisi PKS ini.

Tak sampai disitu, lanjut Subhan, pengawasan di setiap perbatasan, baik laut maupun darat, juga harus menjadi perhatian penting.

"Termasuk klaster-klaster baru ini juga harus diidentifikasi," sambung Subhan.

Tak hanya langkah-langkah pencegahan, rumah sakit yang ditunjuk menjadi rujukan pasien COVID-19 harus siap untuk menghadapi kondisi yang ada.

"Yang paling penting lagi, apa yang sudah dilakukan Pemkot dan DPRD dalam memberikan edukasi, bahwa partisipasi masyarakat menjadi kunci penularan bisa kita cegah. Karena tanpa keterlibatan masyarakat ini tidak bisa juga kita lakukan, karena itu kita harus bergandengan tangan secara keseluruhan, masyarakat, pemerintah dan DPRD untuk bersama-sama melawan peningkatan COVID-19 sehingga Kota Kendari yang kita cintai ini bisa terbebas," jelas Subhan.

Reporter: Musdar

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga