Tambahan Psikotes CASN Muna Ditiadakan

Sunaryo, telisik indonesia
Senin, 07 September 2020
0 dilihat
Tambahan Psikotes CASN Muna Ditiadakan
Bupati Muna, LM Rusman Emba. Foto: Sunaryo/Telisik

" Itu hanya inisiasi instansi terkait. Ketika dikonsultasikan, saya minta untuk dibatalkan. "

MUNA, TELISIK.ID - Rencana Pemkab Muna melakukan tambahan psikotes pada seleksi CASN mendapat reaksi dari berbagai kalangan. Pasalnya, hanya di Kabupaten Muna yang menyelenggarakan tambahan tes itu.

Bupati Muna, LM Rusman Emba menerangkan, ruang tambahan tes itu sebenarnya ada. Hanya saja, ia tetap komitmen untuk meniadakan penyelenggaraan tes itu.

"Itu hanya inisiasi instansi terkait. Ketika dikonsultasikan, saya minta untuk dibatalkan," kata Rusman, Senin (7/9/2020).

Mantan senator DPD RI itu menegaskan, Pemkab sudah merencanakan akan melakukan pelaksanan psikotes. Namun, waktu pelaksanaanya setelah pengumuman kelulusan.  

Baca juga: Rajiun Tambah Daftar Balon Terpapar COVID-19 di Pilkada Jadi 38 Orang

"Psikotes itu tidak akan mempengaruhi kelulusan. Hanya untuk pemetaan terhadap kompetensi dan bakat ASN sebelum dilakukan penempatan," ungkapnya.

Ia menaruh harapan pada 489 peserta yang akan mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) pada 1 Oktober mendatang untuk tidak terpengaruh dengan wacana psikotes yang bisa mengganggu konsentrasi. Kuncinya adalah belajar. Pemkab tentunya lebih mengedepankan transparansi seperti pelaksanaan seleksi tahun-tahun sebelumnya.

"Saya tidak inginkan ada satu pun calon peserta yang dirugikan," pungkasnya.

Reporter: Sunaryo

Editor: Kardin

Baca Juga