Bupati Muna Tekankan OPD Proses Cepat Proyek PEN Sesuai Aturan

Sunaryo, telisik indonesia
Senin, 04 Juli 2022
0 dilihat
Bupati Muna Tekankan OPD Proses Cepat Proyek PEN Sesuai Aturan
Bupati Muna, LM Rusman Emba saat peringatan HUT Muna ke-63. Foto: Sunaryo/Telisik

" Bupati Muna, LM Rusman Emba mewanti-wanti Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang mengelola proyek dari pinjaman PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) pada program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) agar segera action "

MUNA, TELISIK.ID - Bupati Muna, LM Rusman Emba mewanti-wanti Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang mengelola proyek dari pinjaman PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) pada program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) agar segera action.

Mantan senator DPD-RI itu tidak mau dengar ada OPD yang menahan proyek tersebut. Kata dia, dia program PEN merupakan program jadi. Karenanya, OPD harus mempercepat proses pelaksananya dengan memperhatikan ketentuan peraturan yang berlaku.

"Proses sesuai aturan. Utamanya yang diperhatikan bestek," tegas Rusman disela-sela perayaan HUT Muna ke-63, Senin (4/7/2022).

Jangka waktu pelaksanaan program PEN itu selama enam bulan. Ia menegaskan, seluruh kegiatan yang dibiayai dana pinjaman itu tuntas pada September mendatang, sehingga dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Baca Juga: Fokus Pembenahan Layanan Publik, RSUD Muna Barat Tingkatkan SDM

"Jangan ada OPD yang berani menunda," tegasnya lagi.

Pinjaman Pemkab Muna di PT SMI sebesar Rp 233 miliar. Dana pinjaman itu untuk membiayai beberapa program strategis pemkab. Antara lain, pasar, rumah sakit (RS), pabrik jagung, tempat pelelangan ikan (TPI) dan infrastruktur jalan. PT SMI telah mencairkan uang muka sebesar Rp 58 miliar.

Kabag Unit Layanan Pengadaan (ULP) Pemkab Muna, Syahrun menerangkan, untuk proses lelang telah selesai. Kontrak pun sudah diserahkan ke pemenang tender yang selanjutnya diproses di OPD untuk penandatanganan kontrak.  

"Sudah selesai kontraknya," katanya.

Sementara itu, Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Muna, Amrin Fiini mengaku, sudah mencairkan uang muka beberapa kegiatan yang dibiayai pinjaman.  

Baca Juga: 63 Tahun, Bersatu Bangun Muna yang Bersih dan Berbudaya

"Sudah ada beberapa yang kita cairkan uang mukanya," ujarnya.

Persoalan dana, tidak ada masalah. Begitu adminstrasi lengkap, pihaknya langsung mencairkan langsung ke rekening pihak ketiga.

"Dananya tersedia. Bahkan, PT SMI akan mentransfer lagi sisa pinjaman 75 persennya," tandasnya. (A)

Penulis: Sunaryo

Editor: Musdar

Baca Juga