Tanaman Hias yang Cocok untuk Kamar Tidur

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Jumat, 26 Mei 2023
0 dilihat
Tanaman Hias yang Cocok untuk Kamar Tidur
Spider plant dapat membantu menyerap bau dan berbagai macam zat kimia berbahaya di ruangan kamar tidur. Foto: Orami.co.id

" Menambahkan tanaman hias ke kamar tidur dapat memberikan banyak manfaat. Sebab, tanaman tidak hanya bisa menambah daya tarik visual pada dekorasi kamar, juga memberikan efek menenangkan dan meningkatkan suasana hati "

KENDARI, TELISIK.ID - Menambahkan tanaman hias ke kamar tidur dapat memberikan banyak manfaat. Sebab, tanaman tidak hanya bisa menambah daya tarik visual pada dekorasi kamar, juga memberikan efek menenangkan dan meningkatkan suasana hati.

Namun, bila salah memilih tanaman hias bisa berakibat fatal karena ada beberapa tanaman hias beracun dan mengeluarkan karbondioksida.

Berikut ini adalah rekomendasi jenis-jenis tanaman untuk kamar tidur berdasarkan jurnal berjudul Interior Landscape Plants for Indoor Air Pollution Abatement yang dibuat oleh NASA seperti dilansir dari Kompas.com dan orami.co.id:

Baca Juga: 7 Tanaman Hias Indah Ini Rupanya Berbahaya

1. Gardenia

Salah satu jenis tanaman untuk kamar tidur yang baik untuk kebersihan udara adalah Gardenia. Sejumlah penelitian membuktikan bahwa aroma dari tanaman gardenia dapat menjadi obat tidur yang ampuh.

Selain aromanya yang wangi, tanaman gardenia bentuknya sangat cantik dan memang cocok digunakan sebagai penghias kamar tidur.

2. Melati

Jika kita mengalami kesulitan tidur di malam hari, melati adalah tanaman yang sangat baik untuk kamar tidur karena aromanya yang manis memiliki efek menenangkan dan mengurangi stres.

3. Peace lily

Menurut penelitian yang dilakukan NASA, kalau tanaman peace lily dapat menyaring racun benzena, trichloroethylene, dan racun formaldehyde berbahaya di dalam ruangan kamar tidur. Tanaman ini sifatnya lembap, jadi Moms harus lebih sering menyiraminya agar tidak mudah layu dan mati.

Baca Juga: Mengenal Tanaman Hias Kecubung yang Beracun dan Efek Sampingnya

4. Spider plant

Tanaman yang memiliki bentuk seperti kaki laba-laba ini juga dapat membantu menyerap bau dan berbagai macam zat kimia berbahaya di ruangan kamar tidur.

Bahkan, NASA sudah membuktikan kalau tanaman ini dapat menghilangkan sekitar 90% zat formaldehyde berbahaya di udara penyebab kanker. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga