Tari Lawati dan Ponare Pukau Peserta Sail to Indonesia di Malam Festival Teluk Pasarwajo

Febriyani, telisik indonesia
Senin, 04 September 2023
0 dilihat
Tari Lawati dan Ponare Pukau Peserta Sail to Indonesia di Malam Festival Teluk Pasarwajo
Tari Lawati merupakan tarian yang diperagakan para gadis cantik untuk menyambut para tamu. Foto: Febriyani/Telisik

" Tari Lawati dan Tari Ponare sukses memukau para wisatawan peserta Sail to Indonesia di malam pembukaan Festival Teluk Pasarwajo "

BUTON, TELISIK.ID - Tari Lawati dan Tari Ponare sukses memukau para wisatawan peserta Sail to Indonesia di malam pembukaan Festival Teluk Pasarwajo, Minggu (3/9/2023) malam.

Tari Lawati merupakan tarian yang dilakukan beberapa gadis cantik untuk menyambut tamu kesultanan. Tarian ini melambangkan keramahan masyarakat Buton terhadap masyarakat lainnya meskipun berbeda kebudayaan. Selain menari, penari juga menaburkan bunga kepada para tamu.

Kini, Tari Lawati dihadirkan untuk menyambut peserta Sail to Indonesia yang singgah di Buton, tepatnya di Teluk Pasarwajo. Selain Tari Lawati, ada Tari Ponare yang tak kalah spektakuler. Tarian ini menggambarkan aktivitas masyarakat Buton untuk mempertahankan daerah (kampung) dari serangan musuh.

Tarian ini menggunakan peralatan perang seperti tombak dan perisai yang berbentuk limas, serta diiringi dengan tabuhan gendang. Tarian ini juga diselipkan dengan atraksi pencak silat antara dua orang.

Baca Juga: Sukses, Tarian Kolosal Siswa Madrasah se-Sulawesi Tenggara Diberi Standing Applause Wakil Menteri Agama

Tari Ponare melambangkan masyarakat Buton yang gagah dan berani membela Tanah Air dan kampung halamannya dari serangan musuh.

Menyaksikan dua tarian yang diperagakan oleh Sanggar Seni SMP Negeri 8 Buton berkolaborasi dalam satu panggung, para peserta Sail to Indonesia mengaku kagum dengan atraksi luar biasa serta kekayaan budaya yang mereka tidak temukan di negaranya.

Baca Juga: Mengenal Tradisi Haroano Laa, Pesta Panen Ala Buton Utara

"Buton sangat luar biasa, orang Buton baik dan ramah. Kami menyaksikan langsung bagaimana kekayaan budaya yang dimiliki Buton. Tarian malam ini sangat memukau," ungkap salah satu peserta Sail to Indonesia, Mrs Emma.

Peserta Sail to Indonesia yang lain, Mrs Lin juga mengakui kekayaan budaya yang dimiliki Buton. Disambut dengan tarian yang luar biasa dan kuliner yang begitu lezat, Mrs Lin mengakui kuliner Buton memiliki rasa khas dan itu sangat lezat.

"Saya sangat menikmati kuliner malam ini, saya sangat suka nasi. Selama di sini saya selalu berwisata kuliner. Dan malam ini luar biasa. Tariannya juga luar biasa, anak-anaknya lucu-lucu, Buton luar biasa," pungkasnya. (B)

Penulis: Febriyani

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga