Teknik Penjualan Solution Selling Bantu Kamu Tahu Kebutuhan Pelanggan

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Minggu, 14 Februari 2021
0 dilihat
Teknik Penjualan Solution Selling Bantu Kamu Tahu Kebutuhan Pelanggan
Penerapan teknik penjualan solution selling. Foto: Repro Wilsonlearning.com

" Jadi, inti dari solution selling adalah menemukan cara atau solusi yang dibutuhkan oleh pelanggan dengan produk atau layanan yang dimiliki. "

KENDARI, TELISIK.ID - Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menarik pelanggan agar mereka segera melakukan konversi. Salah satunya adalah dengan menerapkan teknik solution selling dalam strategi penjualan.

Dilansir dari TechTarget, solution selling adalah teknik penjualan yang mengacu pada pain point pelanggan untuk menyediakan produk atau layanan yang tepat untuknya.

Dalam penerapannya, solution selling lebih fokus pada menciptakan koneksi dari penjual dan pembeli. Jadi, penjual tidak hanya fokus untuk mendorong klien agar segera membeli produknya saja.

Menurut Pipedrive, solution selling juga membuka jalan bagi teknik penjualan lainnya misalnya SPIN selling, Customer-Centric selling, hingga Consultative selling.

Hal itu disebabkan beberapa teknik penjualan tersebut memiliki satu kesamaan yaitu berfokus pada pelanggan.

Sales yang melakukan teknik ini akan menghabiskan lebih banyak waktu dengan pelanggan untuk mencari tahu apa permasalahan yang dihadapinya.

Kemudian, mereka akan memberikan solusi yang paling sesuai untuk permasalahan pelanggan tersebut dengan menawarkan produk atau layanannya.

Jadi, inti dari solution selling adalah menemukan cara atau solusi yang dibutuhkan oleh pelanggan dengan produk atau layanan yang dimiliki.

Ada beberapa tahapan dalam melakukan solution selling. Dilansir dari Soco Selling, berikut ini penjelasan selengkapnya.

1. Pahami produk dengan baik

Sebelum mulai melakukan teknik penjualan yang satu ini, para penjual harus terlebih dahulu memiliki pengetahuan yang mendalam soal produk yang dijual.

Tanpa memiliki pemahaman soal produk atau layanan yang ditawarkan, tentunya kamu akan kesulitan dalam memberikan solusi yang tepat untuk pelanggan.

Baca juga: Bank Sultra Dukung Percepatan Perluasan Digitalisasi Daerah Kota Kendari

2. Siapkan informasi sebanyak-banyaknya mengenai pelanggan

Setelah memiliki pengetahuan yang mendalam soal produk yang ditawarkan, bukan berarti kamu sudah siap untuk langsung meyakinkan pelanggan.

Coba siapkan beberapa informasi terlebih dahulu mengenai pelanggan. Misalnya, seperti apa latar belakangnya sehingga nanti akan lebih memudahkanmu untuk mencari tahu apa sebenarnya yang dibutuhkannya.

3. Ajukan pertanyaan dengan tepat

Dalam solution selling proses bertanya kepada pelanggan sangatlah penting. Pasalnya, teknik ini mengedepankan empati agar hubungan penjual dan pelanggan bisa terbentuk dengan baik.

Umumnya penjual akan menyiapkan daftar pertanyaan terlebih dahulu sebelum mulai bertemu dengan pelanggan.

Jadi, nanti penjual akan lebih mudah untuk mencari tahu apa solusi yang paling tepat untuk kebutuhan pelanggan.

4. Menyarankan solusi

Setelah pelanggan berbagi mengenai apa masalah yang sedang dihadapinya, kini saatnya penjual memberikan solusi yang paling sesuai dengan kebutuhannya.

Alih-alih fokus pada fitur dari produk atau layanan, sebaiknya beritahu pelanggan bagaimana solusi tersebut bisa menguntungkan mereka dan bisa menyelesaikan masalahnya. (C)

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga