Tentukan 1 Syawal Kemenag Gelar Sidang Isbat 22 Mei

Muhammad Israjab, telisik indonesia
Sabtu, 16 Mei 2020
0 dilihat
Tentukan 1 Syawal Kemenag Gelar Sidang Isbat 22 Mei
Kementerian agama RI, gelar sidang isbat 22 Mei 2020. Untuk menentukan 1 Syawal 1441 H. Foto: Dream.co.id

" Isbat awal Syawal digelar 22 Mei 2020. Sesuai protokol kesehatan, undangan untuk menghadiri sidang dibatasi hanya dihadiri Menag dan Wamenag, Majelis Ulama Indonesia, serta Komisi VIII DPR. "

KENDARI, TELISIK.ID - Kementerian Agama akan menggelar sidang isbat untuk menetapakan awal bulan Syawal 1441 H.

Sidang isbat akan digelar pada Jumat, ( 22/5/2020 ). Menteri Agama Fachrul Razi dijadwalkan akan memimpin langsung sidang isbat.

Namun di tengah pandemi COVID-19, maka sidang isbat akan dilakukan mengikuti protokol kesehatan. Sehingga tidak semua perwakilan hadir secara fisik di kantor Kementerian Agama.

"Isbat awal Syawal digelar 22 Mei 2020. Sesuai protokol kesehatan, undangan untuk menghadiri sidang dibatasi hanya dihadiri Menag dan Wamenag, Majelis Ulama Indonesia, serta Komisi VIII DPR," ucap Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah, Ditjen Bimas Islam Agus Salim, dikutip merdeka.com, Sabtu (16/5/2020).

Peliputan juga akan dilakukan secara terbatas. Agus mengatakan, Kemenag bekerjasama dengan TVRI untuk menjadi TV Pool. Media yang ingin menyiarkan sidang isbat awal Syawal bisa berkoordinasi dengan TVRI.

Baca juga: Kenapa Muhammadiyah Kerap Lebaran Duluan? Ini Alasannya

"Kami juga memanfaatkan medsos Kemenag untuk melakukan live streaming," tuturnya.

Dijelaskan Agus, tahapan sidang isbat dilakukan sebagaimana awal Ramadan lalu. Sesi pertama dimulai pukul 17.00 WIB, berupa pemaparan posisi hilal Awal Syawal 1441 H, oleh anggota Falakiyah Kemenag Cecep Nurwendaya.

Setelah Magrib, sidang Isbat dibuka Menteri Agama RI, dilanjutkan laporan data hisab dan hasil rukyatul hilal dari 80 titik di seluruh Indonesia.

"Hasil sidang isbat akan diumumkan Menteri Agama secara telekonferensi dan disiarkan langsung oleh TVRI sebagai TV Pool dan live streaming medsos Kemenag," ungkapnya.

Reporter: Muhammad Israjab

Editor: Sumarlin

Artikel Terkait
Baca Juga