Tenun Motif Sorume Kolaka Timur Menggema di Indonesia Fashion Week 2023

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Minggu, 26 Februari 2023
0 dilihat
Tenun Motif Sorume Kolaka Timur Menggema di Indonesia Fashion Week 2023
Tenun khas Kolaka Timur motif wulele sorume yang berarti bunga anggrek, ditampilkan dalam Indonesia Fashion Week 2023, Sabtu (25/2/2023) malam. Foto: Ist.

" Tenunan khas Kolaka Timur motif sorume, ditampilkan di ajang Indonesia Fashion Week (IFW) 2023, Sabtu (25/2/2023) malam "

KOLAKA TIMUR, TELISIK.ID - Tenunan khas Kolaka Timur motif wulele sorume atau bunga anggrek, mengundang riuh gemuruh penonton Indonesia Fashion Week (IFW) 2023, Sabtu (25/2/2023) malam.

Acara yang digelar di Jakarta Convention Center, diikuti sejumlah kabupaten di Sulawesi Tenggara. Turut disaksikan Sekda Provinsi Asrun Lio bersama istri, Bupati Kolaka Timur, Abd Azis bersama istri yang juga Ketua Dekranasda Kolaka Timur, Hartini Azis, dan sejumlah kepala daerah disertai istri, serta ratusan undangan.

Dengan menampilkan sejumlah model yang memamerkan kecantikan dan keindahan kain tenun motif sorume, mengundang decak kagum seluruh yang hadir di momen tersebut.

Selain karena kegigihan seorang Hartini Azis untuk terus menampilkan serta mempromosikan motif salah satu bunga khas Kolaka Timur ini, desainer Amir Malik juga merupakan sosok di balik penampilan mengagumkan tersebut.

Usai kegiatan, Harini Azis menyampaikan, sorume yang menjadi ciri khas Kolaka Timur, harus terus diperkenalkan dari tingkat kabupaten, provinsi, nasional hingga internasional.

Baca Juga: Pemkab Konawe Genjot Penyelesaian Stand Pameran Jelang HUT ke-63

"Tenun motif sorume adalah ciri khas kita di Kolaka Timur yang harus terus diperkenalkan dan digaungkan, agar semakin dicintai masyarakat Kolaka Timur," harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Nyoman Abdi, saat dikonfirmasi melalui telepon mengungkapkan, kegiatan ini menampilkan pakaian dengan motif yang sesuai dengan daerah masing-masing.

Ia juga mengatakan, kain tenun motif sorume yang ditampilkan, merupakan murni buatan masyarakat Kolaka Timur.

Baca Juga: Pj Bupati Muna Barat Turut Serta Jelajah Alam Konawe

Sementara itu, Plt Bupati Kolaka Timur, Abdul Azis mengatakan, dengan adanya kegiatan ini, Kabupaten Kolaka Timur diharapkan lebih berkembang lagi dan dikenal sebagai penghasil kain tenun yang bagus.

"Dengan kegiatan ini kita lebih memperkenalkan lagi motif tenun khas Kolaka Timur," tambahnya.

Ia juga berharap agar produksi tenun di Kolaka Timur dapat terus berkembang agar lebih dikenal masyarakat luas bahkan kalau bisa sampai go Internasional. (A-Adv)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga