Ternyata Ini Makanan dan Kebiasaan yang Bikin Awet Muda Ala Zaidul Akbar

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Sabtu, 03 Februari 2024
0 dilihat
Ternyata Ini Makanan dan Kebiasaan yang Bikin Awet Muda Ala Zaidul Akbar
Dokter Zaidul Akbar menyarankan ketika pagi hari ketika bangun tidur itu lebih baik minum air hangat ketimbang gosok gigi. Foto: Halodoc.com

" Dokter Zaidul membagikan tips merawat kulit semakin glowing dan awet mudah. Zaidul Akbar menyarankan cara yang sangat mengejutkan. Ia bahkan meminta untuk tidak melakukan sikat gigi terlebih dahulu saat baru bangun tidur "

KENDARI, TELISIK.ID - Dokter Zaidul membagikan tips merawat kulit semakin glowing dan awet mudah. Zaidul Akbar menyarankan cara yang sangat mengejutkan. Ia bahkan meminta untuk tidak melakukan sikat gigi terlebih dahulu saat baru bangun tidur.

Padahal selama ini yang biasa dilakukan masyarakat adalah langsung sikat gigi saat bangun tidur demi menghilangkan aroma tak sedap di mulut.

“Jadi bangun tidur, jangan sikat gigi dulu,” saran dr Zaidul Akbar. Tak disangka, dengan tidak menggosok gigi saat bangun tidur ternyata bisa membuat kulit jadi glowing dan awet muda, dikutip dari Disway.id.

Berdasarkan penelitian, dr Zaidul Akbar menyebutkan bahwa saat pagi hari ketika bangun tidur itu terdapat antioksidan yang berlimpah di dalam air liur manusia.

Baca Juga: Kenali Tanda Keputihan yang Berbahaya Bagi Wanita

"Karena ada sains, ada riset yang menunjukkan bahwa ternyata air liur kita pagi-pagi penuh dengan antioksidan," ungkap dr Zaidul Akbar. Seperti diketahui, antioksidan memiliki khasiat luar biasa untuk kulit.

Antioksidan berperan penting untuk mengurangi jerawat hingga kerutan sehingga kulit akan terlihat awet muda dan glowing. Alih-alih sikat gigi, ia menyarankan untuk minum air hangat terlebih dahulu.

Sementara itu, Anda juga bisa mengonsumsi makanan sehat yang bikin panjang umur, dilansir dari Cnnindonesia.com:

1. Ikan

Jenis ikan berlemak seperti sarden, salmon, makarel, dinilai bisa membuat panjang umur. Ratusan penelitian membuktikan, kandungan lemak ikan sangat bagus untuk kesehatan otak karena tinggi asam omega-3, DHA, untuk mencegah kehilangan memori otak alias pikun, hingga depresi.

2. Yogurt

Makanan sehat yang bikin panjang umur selanjutnya ada yoghurt, terutama jenis greek yoghurt sebagai makanan tinggi probiotik. Selain itu, dalam setiap kemasannya mengandung protein tinggi sehingga bisa memenuhi gizi harian, dan rendah karbohidrat serta gula.

3. Makanan fermentasi

Makanan fermentasi memasok bakteri baik untuk menjaga kesehatan usus, terutama jika dikonsumsi saat bertambahnya usia karena mikrobioma dalam tubuh cenderung berkurang. Beberapa makanan fermentasi ini ada kimchi, kefir, kombucha, sauerkraut, acar, yoghurt, dan masih banyak lagi.

Selain mengonsumsi makanan sehat yang bikin panjang umur, Anda tetap harus imbangi dengan kebiasaan sehat dan aktif bergerak, supaya kualitas hidup menjadi lebih baik.

Baca Juga: Kenali Ciri-Ciri Anxiety Disorder dan Kenali Penyebabnya

4. Sayuran hijau

Sayuran hijau seperti bayam, kangkung, sawi, selada, umumnya kaya akan vitamin B folat, lutein, zeaxanthin, dan karotenoid, untuk melindungi mata dari kerusakan ringan.

Nutrisi lain didalamnya memuat fitokimia yang larut dalam lemak karena bersifat antioksidan, serta anti inflamasi supaya tubuh terhindar dari radikal bebas.

5. Polong-polongan

Polong-polongan termasuk sumber makanan terbaik untuk memperpanjang umur karena tinggi protein nabati, lemak sehat, serat, antioksidan, fitosterol, dan mineral.

Polong-polongan seperti kedelai, kapri, buncis, lentil, kacang panjang, dan sebagainya ini juga menjadi makanan rendah glikemik sehingga bermanfaat baik dalam mendukung penurunan berat badan.

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga