Resep Membersihkan Liver dengan Air Kelapa ala Dokter Zaidul Akbar

Haerani Hambali, telisik indonesia
Kamis, 30 September 2021
0 dilihat
Resep Membersihkan Liver dengan Air Kelapa ala Dokter Zaidul Akbar
Selain sebagai pembersih liver, air kelapa diketahui memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Foto: Repro Suara.com

" Resep herbal ini bisa membersihkan liver yang sehari-hari memiliki tugas berat yakni membersihkan darah dari zat beracun, alkohol, hingga obat-obatan "

KENDARI, TELISIK.ID - Indonesia sebagai negara tropis patut berbangga hati karena memiliki pohon kelapa dengan segudang manfaat, dari ujung akar hingga ujung daunnya. Buahnya pun punya air yang sangat menyegarkan dan punya banyak khasiat.

Dokter Zaidul Akbar memberikan resep herbal dari bahan air kelapa, untuk orang dengan gangguan liver atau hati, organ yang perannya sangat vital bagi tubuh manusia.

Resep herbal ini bisa membersihkan liver yang sehari-hari memiliki tugas berat yakni membersihkan darah dari zat beracun, alkohol, hingga obat-obatan.

Dokter penggagas jurus sehat Rasullullah (JSR) itu mengungkapkan, resep herbal pembersih liver ini membutuhkan bahan utama air kelapa muda, yang mengandung tinggi asam amino untuk mencegah komplikasi penyakit liver.

Adapun campurannya bisa menggunakan jahe, kunyit, kencur dan temulawak yang bisa digunakan bergantian dengan air kelapa.

"Air kelapa diblender bersama jahe atau kunyit atau kencur atau temulawak juga bisa, nanti airnya diminum sehari sekali. Sedangkan pemanisnya bisa ditambahkan kurma, agar lebih nikmat diminum," ujarnya, dikutip Suara.com jaringan Telisik.id melalui kanal YouTube dr. Zaidul Akbar Official, Sabtu (25/9/2021).

Diketahui, kunyit dan jahe memiliki sifat anti inflamasi atau anti peradangan, sehingga mampu memperbaiki fungsi liver. Bahkan beberapa penelitian menunjukan jika kunyit bisa untuk menyembuhkan hepatitis C, yakni salah satu penyakit liver.

Temulawak sudah menjadi rahasia umum sebagai obat keluarga, khususnya untuk penyakit liver. Ini karena temulawak bisa melindungi hati dari hepatotoksik, yakni bahan kimia yang bisa merusak fungsi hati.

Manfaat liver untuk kesehatan tubuh salah satunya adalah menyegarkan sistem peredaran darah, seperti diungkap dalam U.S National Library of Medicine. Manfaat inilah yang akhirnya membuat fungsi hati jadi lebih mudah, karena darah jadi lebih bersih.

Dalam resep ini, kurma berfungsi sebagai pemanis, tapi kurma juga punya banyak manfaat untuk kesehatan. Selain kandungan serat yang tinggi, gula alami yang bisa menekan diabetes, di dalam kurma juga terkandung prebiotik, sebagai makanan dari bakteri baik yakni probiotik, sehingga kekebalan tubuh meningkat drastis.

"Jadi kita kalau paham ini, gampang untuk mengobati penyakit," pungkas dr. Zaidul Akbar.

Selain sebagai pembersih liver, air kelapa diketahui memiliki banyak manfaat lain. Dikutip dari idntimes.com, berikut ini beberapa manfaat air kelapa muda bagi kesehatan.

1. Mengatasi dehidrasi

Dilansir dari Healthline, air kelapa memiliki keseimbangan elektrolit dan plasma yang hampir sama dengan darah. Itu sebabnya air kelapa mudah untuk mengisi cairan tubuh.

Diare ditandai dengan kehilangan cairan dan elektrolit yang signifikan dari tubuh dan dapat menyebabkan dehidrasi. Pada kasus ini, disarankan untuk rehidrasi dengan minuman yang mengandung elektrolit, seperti air kelapa.

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa air kelapa secara efektif mengobati dehidrasi akibat diare ringan, dan efeknya setara dengan minuman olahraga dalam mempromosikan rehidrasi dalam kasus kehilangan elektrolit lainnya.

2. Menguatkan sistem imun dari penyakit gusi, infeksi saluran pencernaan, tifus, dan infeksi

Laporan dalam Innovare Journal of Food Sciences tahun 2018 menyebut bahwa kandungan asam laurat dalam air kelapa memiliki sifat antijamur, antibakteri, dan antivirus, sehingga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

3. Menurunkan berat badan tanpa efek samping

Dilansir dari Mayo Clinic, air kelapa memiliki kandungan lemak, gula, dan kalori yang rendah, sehingga dapat membantumu dalam menurunkan berat badan.

4. Menambah energi, sebagai pengganti minuman energi kemasan

Air kelapa juga dikatakan dapat meningkatkan kinerja hormon kelenjar tiroid yang dapat membuatmu lebih berenergi. 

5. Mencegah penuaan dini

Studi terhadap tikus dalam International Journal of Biochemistry Research & Review tahun 2015 menyebutkan bahwa konsumsi air kelapa mungkin dapat mendorong sistem antioksidan. Ini dapat menetralkan efek radikal bebas, mendukung efek anti-aging.

Meski studi ini dilakukan pada tikus yang diberikan air kelapa, tetapi belum ada penelitian yang menunjukkan bahwa aplikasi air kelapa topikal akan membantu dalam manfaat efek antipenuaan.

6. Memperbaiki sistem pencernaan dan memperlancar buang air

Mengutip daru Good Housekeeping, air kelapa mengandung magnesium, jenis mineral yang dapat membantu menjaga pencernaan lancar dan mencegah konstipasi.

7. Membuat kulit halus dan bercahaya

Kurangnya hidrasi dapat menyebabkan kulit kering, kencang, dan bahkan bersisik. Minum air kelapa dapat berkontribusi pada kebutuhan hidrasi harian yang meningkatkan sirkulasi dan kulit bercahaya.

Varietas air kelapa tertentu diperkaya dengan vitamin C yang memiliki banyak sifat antioksidan dan secara alami merangsang sintesis kolagen, yang dapat membantu menjaga kulit tetap kencang dan tampak awet muda.

Baca Juga: Hari Jantung Sedunia, Yuk Kenali Sejarah dan Penyebab Penyakit Jantung

Baca Juga: Mengenal 6 Manfaat Kopi untuk Kecantikan Anda

8. Baik untuk ibu hamil dan janin

Dilansir dari Healthline, air kelapa bisa jadi opsi minuman sehat saat hamil karena dapat menghidrasi dan menyediakan elektrolit. Ini sangat baik untuk ibu hamil yang mengalami mual dan muntah.

Selain itu, untuk perempuan yang mengalami tekanan darah tinggi saat hamil, air kelapa mungkin bisa membantu menurunkannya karena mengandung kalium.

Nutrisi ini diketahui dapat berkontribusi dalam regulasi aliran darah dan tekanan darah. Studi kecil dalam West Indian Medical Journal tahun 2005 menemukan bahwa minum air kelapa selama dua minggu dapat mengurangi tekanan darah sistolik pada partisipan hingga 71 persen.

Akan tetapi, minuman ini tidak boleh menjadi pengganti perawatan dari dokter untuk tekanan darah tinggi pada ibu hamil atau preeklamsia. Konsultasikan terlebih dulu dengan dokter.

9. Meningkatkan kesehatan seksual

Sebagai sumber elektrolit alami, air kelapa memiliki banyak manfaat untuk meningkatkan kesehatan seksual. Minuman menyegarkan ini sarat dengan vitamin dan mineral untuk meningkatkan produksi hormon seks, terutama vitamin C, dan magnesium, mengutip Five Journeys.

10. Menghilangkan racun dalam tubuh

Manfaat air kelapa muda yang terakhir adalah dapat menghilangkan racun dalam tubuh. Menurut laporan dalam Jurnal Kesehatan Masyarakat tahun 2016, dibanding jenis kelapa lainnya, air dari kelapa hijau (C. nucifera L.) mengandung lebih banyak enzim bioaktif seperti tanin.

Tanin adalah senyawa antitoksik sehingga air kelapa hijau dapat sering dianggap mampu menguraikan dan membuang racun dalam tubuh. (C)

Reporter: Haerani Hambali

Editor: Fitrah Nugraha

Artikel Terkait
Baca Juga