Ternyata Negara Ini Anggap Bahasa Indonesia Penting, Dipelajari Sejak SD

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Rabu, 22 Desember 2021
0 dilihat
Ternyata Negara Ini Anggap Bahasa Indonesia Penting, Dipelajari Sejak SD
Siswa di Kanada yang belajar Bahasa Indonesia. Foto: Repro AP

" Beberapa negara mempelajari bahasa Indonesia baik di tingkat SD hingga perguruan tinggi "

KENDARI, TELISIK.ID - Sebagai warga negara Indonesia, sudah sepantasnya kita bangga. Alasannya, bahasa kita yakni bahasa Indonesia ternyata menjadi salah satu bahasa yang dipelajari di sejumlah negara.

Bahasa Indonesia sendiri berada di peringkat 22 dari 250 Wikipedia berbahasa asing di dunia. Sedangkan di tingkat Asia, bahasa Indonesia berada di peringkat tiga setelah Jepang dan Mandarin.

Hal inilah yang membuat beberapa negara dianggap penting untuk mempelajari bahasa Indonesia.

Lantas negara manakah yang mempelajari bahasa Indonesia. Berikut 5 negara tersebut seperti dilansir dari kanal Youtube Infounik.

1. Kanada

Pendapatan yang tinggi di Kanada membuat negara ini menjadi salah satu tujuan warga Indonesia untuk bekerja di sana.

Alasan yang mendasar banyaknya tenaga kerja Asal Indonesia juga karena perbandingan biaya hidupnya yang tidak terlalu jauh dengan Indonesia.

Banyaknya pekerja dari Indonesia inilah yang menjadikan bahasa indonesia adalah bahasa yang wajar digunakan di Kanada.

Tidak heran banyak orang Kanada yang mulai mempelajari Bahasa Indonesia. Bahkan beberapa tempat kursus Bahasa Indonesia mulai bermunculan di sana.

2. Jepang

Dilansir dari Jurnalsoreang, Jepang menganggap belajar bahasa Indonesia itu penting. Bahkan Program Studi Bahasa Indonesia dibuka di Tokyo University dengan seleksi yang ketat. Dalam satu tahun akademik, hanya 18 siswa saja yang diterima.

Para siswa diajarkan bahasa Indonesia cukup luas, mulai dari pelajaran dasar, berbicara hingga menulis. Bahkan di tingkat sekolah dasar, mata pelajaran bahasa Indonesia juga diajarkan.

3. Australia

Program studi Bachelor of Arts di University Modern Qweensland di Australia membuka mata kuliah bahasa Indonesia. Ada lebih dari 500 sekolah dasar di Australia mewajibkan mata pelajaran bahasa Indonesia. Sehingga tidak jarang ditemukan siswa kelas 6 SD yang fasih berbahasa Indonesia.

Beberapa sekolah juga telah menjalin kerjasama dengan negara Indonesia dan mendatangkan 10 tenaga pendidik bahasa Indonesia setiap tahunnya.

Baca Juga: Negara Ini Sediakan Penjualan Istri Cantik Secara Online, Mau Beli?

4. Korea Selatan

Korea Selatan sangat antusias dengan budaya Indonesia. Salah satu kampus terbaik di Korea Selatan telah membuka jurusan Bahasa Indonesia.

Tak tanggung-tanggung, mereka langsung membuka dua jurusan sekaligus. Dosen di sana juga merupakan sastrawan asal Jawa Timur bernama Tenso Cahyono.

Baca Juga: Orang Tua di Negara Ini Jual Anak Gadisnya Lebih Murah dari Harga Ayam di Pasar

5. Kepulauan Hawaii

Kepulauan yang dikelilingi oleh gunung berapi ini memiliki universitas yang mengajarkan bahasa Indonesia dalam kurikulumnya.

Para pendidik dan mahasiswa juga rutin mudik ke Indonesia untuk mempelajari bahasa Indonesia dan budaya yang ada di Indonesia.

Dengan begitu, hasil yang didapat dari kunjungannya akan dipresentasikan. Orang Hawaii sangat antusias belajar bahasa Indonesia. (C)

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Haerani Hambali 

Artikel Terkait
Baca Juga