Desain Stasiun Kereta Baru China Mirip Pembalut Wanita

Merdiyanto , telisik indonesia
Minggu, 28 April 2024
0 dilihat
Desain Stasiun Kereta Baru China Mirip Pembalut Wanita
Stasiun baru cina dengan desain yang menyerupai pembalut wanita viral di media sosial. Foto: Repro BBC.com

" Desain stasiun baru di Kota Nanjing, Cina viral akibat desain bangunan yang diusulkan menyerupai pembalut wanita "

KENDARI, TELISIK.ID - Desain stasiun baru di Kota Nanjing, Cina viral akibat desain bangunan yang diusulkan menyerupai pembalut wanita.

Dikutip dari Void.id, para desainnya bersikeras bahwa desain bangunan empat lob itu terinspirasi dari bunga plum, yang terkenal di daerah itu.

Namun, banyak netizen menyoroti itu karena bunga plum terkenal memiliki lima kelopak. Desain ini telah tayang jutaan kali di platform  media sosial Cina. Banyak netizen mengejek desain itu.

Salah satu pengguna Weibo bertanya: “Mengapa kita semua bisa langsung tahu itu adalah pembalut wanita, tetapi arsiteknya tidak?”

Baca Juga: Langka dan Terancam Punah, Ilmuwan Berhasil Kloning Musang Kaki Hitam

Stasiun Nanjing Utara merupakan investasi besar bagi kota dengan 8,5 juta penduduk dan akan menjadi stasiun terbesar di kota tersebut.

Meskipun begitu, banyak pengguna media sosial untuk terus-menerus mengejek desainnya, sering kali membandingkannya dengan 'handuk bibi' atau 'syall bibi' - istilah eufemistik untuk pembalut wanita.

Salah satu pengguna Weibo berkomentar: “Ini adalah pembalut wanita raksasa. Malu rasanya mengatakan bahwa ini terlihat seperti bunga plum.”

Pengguna lain bercanda: “Saya pikir kita harus memanfaatkan kesempatan ini untuk meminta masyarakat untuk memperhatikan pengecualian masa haid. Desain ini lebih maju dari masanya.”

Dikutip dari Bbc.com, desain bangunan yang mirip pembalut wanita itu, sudah disetujui oleh pemerintah Provinsi Jiangsu dan China State Railway Group.

Baca Juga: Tradisi Harakiri Ini jadi Ritual Bunuh Diri demi Kehormatan di Jepang

Konstruksi akan dimulai dalam setengah pertama tahun 2024 dan diharapkan stasiun ini mulai memuat penumpang pada awal tahun 2028.

Menurut laporan tahun 2017 oleh situs berita Nanjing Morning News, stasiun kereta api ini diperkirakan menelan biaya sekitar 20 miliar yuan (hampir Rp50 triliun) dan akan menempati area seluas 37,6 kilometer persegi.

Stasiun ini bukan bangunan pertama di Cina yang menghebohkan masyarakat. Sebelumnya, tahun 2004 ada kantor Gedung Televisi Pusat Cina atau CCTV.

Markas besar kantor CCTV, lembaga penyiaran negara di ibu kota Beijing, dikenal oleh banyak orang di China sebagai gedung "celana boxer besar" karena bentuknya yang menyerupai sepasang celana pendek hitam. (C)

Penulis: Merdiyanto

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga