adplus-dvertising

Ayam Ini Hidup 18 Bulan Tanpa Kepala

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Jumat, 09 Desember 2022
448 dilihat
Ayam Ini Hidup 18 Bulan Tanpa Kepala
Mike, seekor ayam yang sudah dipenggal kepalanya namun masih tetap hidup. Foto: Repro BBC News Indonesia

" Kepala merupakan organ terpenting yang mesti ada dalam anatomi setiap makhluk hidup. Di dalam kepala terdapat otak yang berperan penting sebagai pengendali seluruh sistem dalam tubuh. Oleh karena itu, mustahil jika hewan atau manusia dapat bertahan hidup tanpa kepala "

COLORADO, TELISIK.ID - Kepala merupakan organ terpenting yang mesti ada dalam anatomi setiap makhluk hidup. Di dalam kepala terdapat otak yang berperan penting sebagai pengendali seluruh sistem dalam tubuh. Oleh karena itu, mustahil jika hewan atau manusia dapat bertahan hidup tanpa kepala.

Dikutip dari BBC.com, seekor ayam di Amerika Serikat dapat hidup tanpa kepala selama 18 bulan. Ayam tersebut diberi nama Mike, seekor ayam milik pasangan pasangan penjual ayam potong Llyod Olsen dan istrinya Clara asal Fruita, Colorado.

Keajaiban ini terjadi puluhan tahun yang lalu, di tahun 1945. Suatu hari Olsen memenggal kepala 50 ayam ternaknya dengan kapak untuk dijual ke kota, sang istri Clara pun turut bertugas untuk membersihkan sisa dari penyembelihan tersebut.


Baca Juga: Deretan Proyek Gila Arab Saudi Sejak Dipimpin Mohammed Bin Salman

Ia terheran-heran melihat seekor ayam yang masih hidup dan tetap berjalan normal meski kepalanya dipenggal. Merasa tak percaya, ia hanya berpikir mungkin beberapa jam lagi ayam tersebut akan tumbang dan mati, Clara pun hanya menaruh ayam tersebut dalam sebuah kardus.

Namun betapa terkejutnya ia saat melihat ayam tersebut masih hidup di keesokan harinya, sejak saat itu ia menganggap ayam tersebut adalah suatu keajaiban dan mulai memeliharanya, ayam tersebut diberi nama Mike. Mereka membuatkan Mike pakan cair dan diberikan melalui obat tetes mata yang diteteskan ke lehernya.

Olsen dan istrinya juga memutuskan untuk menjadikan Mike sebuah pertunjukan unik ayam tanpa kepala sebagai mata pencaharian mereka, hingga akhirnya Mike menjadi terkenal diseluruh Colorado.

Kabar ayam tanpa kepala Mike saat itu sangat tersohor, sampai para saintis melakukan penelitian dengan melakukan percobaan memenggal puluhan kepala ayam untuk menciptakan Mike yang lain.

Dikutip dari Liputa6.com, Para ilmuwan menyatakan bahwa kapak yang digunakan Olsen saat memenggal kepala Mike tidak mengenai saluran pembuluh darah di area leher yang menyambungkan antara kepala dengan otak.

Baca Juga: Kisah Unik Tiara Lotus Flower yang Dipakai Kate Middleton Ternyata Sempat Hilang

Darah sekitar lehernya pun menggumpal dan inilah yang menyebabkan Mike tidak kehabisan darah. Ilmuwan mengabarkan juga bahwa pergerakan tubuh Mike masih bagus dan fungsi otaknya juga tidak terganggu.

Selang 18 bulan berlalu sejak kepalanya dipenggal, Mike akhirnya mati karena tersedak. Saat itu Olsen dan Clara sedang dalam perjalanan ke luar negeri. Olsen mendengar suara tercekik dan menyadari bahwa Mike tersedak.

Menurut laporan, pasangan tersebut berusaha mencari jarum suntik yang digunakan untuk membersihkan tenggorokannya, tetapi karena jarum suntik tidak berhasil ditemukan, takdir berkata lain sehingga Mike akhirnya mati. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Kardin

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga