Terseret Dugaan Kasus Kecurangan Seleksi CASN 2021, Bupati Kolaka Utara Tunjuk Plt Kepala BKPSDM

Muh. Risal H, telisik indonesia
Rabu, 11 Mei 2022
0 dilihat
Terseret Dugaan Kasus Kecurangan Seleksi CASN 2021, Bupati Kolaka Utara Tunjuk Plt Kepala BKPSDM
Bupati Kolaka Utara, Nur Rahman Umar, saat menyampaikan sambutan dalam kegiatan sensus penduduk 2020 lanjutan. Foto: Diskominfo Kolaka Utara

" Kepala BKPSDM dan dua orang lainnya ditetapkan sebagai tersangka dan telah diamankan di Polda Sultra atas tindakan kecurangan "

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - Terbongkarnya kasus dugaan kecurangan seleksi calon aparatur sipil negara (CASN) tahun 2021 di Kabupaten Kolaka Utara oleh Satgas Anti Kecurangan CASN 2021 wilayah Polda Sulawesi Tenggara menyeret Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kolaka Utara, Jumadil.

Akibatnya, Kepala BKPSDM dan dua orang lainnya ditetapkan sebagai tersangka dan telah diamankan di Polda Sultra atas tindakan kecurangan tersebut.

Sementara dua tersangka lainnya yang diduga terlibat dalam sindikat kecurangan seleksi CASN dari luar daerah, bernama Faisal telah diamankan di Polda Sulawesi Barat, dan Ivon diamankan di Polda Sulawesi Tengah.

Kejadian tersebut menyebabkan kekosongan pemimpin di instansi BKPSDM Kolaka Utara, sehingga untuk memaksimalkan pelayanan, Bupati, Nur Rahman Umar, telah menunjuk Pelaksana tugas (Plt) Kepala BKPSDM.

Baca Juga: Ungkap Fakta Pembunuhan, Polisi Lakukan Rekonstruksi

Baca Juga: Dianiaya Nasabah saat Tagih Utang, Polisi Beberkan Kronologinya

"Kami sudah melakukan langkah preventif untuk pelayanan. Agar terjadi pelayanan yang berkesinambungan, telah menunjuk petugas untuk melaksanakan tugas-tugas selaku Kepala BKPSDM di Kolut, sambil kita menunggu keputusan hukum tetap," kata Nur Rahman, Rabu (11/5/2022).

Terkait status 6 peserta CASN yang dinyatakan lulus diduga melalui praktek curang tersebut, bupati menyatakan jika dirinya belum mendapatkan informasi tentang itu.

"Saya belum tahu itu, biarlah kita serahkan kepada teman-teman penyidik dalam hal ini pihak kepolisian," tukasnya. (C)

Reporter: Muh Risal H

Editor: Kardin

Baca Juga