Tes Kesehatan, LA-IDA Tunjukkan Kelebihan yang Mesti Dimiliki Seorang Pemimpin

Erni Yanti, telisik indonesia
Sabtu, 31 Agustus 2024
0 dilihat
Tes Kesehatan, LA-IDA Tunjukkan Kelebihan yang Mesti Dimiliki Seorang Pemimpin
Pasangan Bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara Lukman Abunawas dan La Ode Ida melakukan tes kesehatan. Foto: Erni Yanti/Telisik

" Pasangan bakal calon (balon) Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Lukman Abunawas-La Ode Ida, telah menjalani pemeriksaan kesehatan sebagai salah satu syarat untuk mendaftar dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sultra 2024 "

KENDARI, TELISIK.ID - Pasangan bakal calon (balon) Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Lukman Abunawas-La Ode Ida, telah menjalani pemeriksaan kesehatan sebagai salah satu syarat untuk mendaftar dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sultra 2024.

Pemeriksaan kesehatan yang direkomendasikan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sultra tersebut berlangsung di RSUD Bahteramas Kota Kendari pada Jumat (30/8/2024).

Bacagub Sultra, Lukman Abunawas, mengatakan bahwa ia telah menjalani semua item pemeriksaan kesehatan, kecuali psikotes yang dijadwalkan pada pukul 08.00 WITA, Minggu (1/9/2024).

"Secara teknis, kami telah menyelesaikan tahapan yang diisyaratkan oleh KPU, tinggal psikotes yang akan dilakukan pada hari Minggu di RS Bahteramas," ujarnya saat ditemui awak media.

Baca Juga: Jalani 13 Tes Kesehatan di RSUD Kota Kendari, SKI-Sudirman: Secara Umum Aman

Menurutnya, pemeriksaan kesehatan ini penting untuk mengetahui kondisi kesehatan calon kepala daerah yang akan bertarung dalam kontestasi politik, khususnya di Sultra.

"Pemeriksaan meliputi aspek fisik, non-fisik, dan terakhir masalah kejiwaan," katanya.

Baca Juga: Lakukan Tes Kesehatan, Ruksamin-Sjafei Mantapkan Konsolidasi

Lukman menambahkan bahwa seorang pemimpin harus memenuhi tiga syarat utama, yaitu kesehatan jasmani, kelebihan intelektual, dan kelebihan mental spiritual, sesuai standar berbagai level pemerintahan baik di Indonesia maupun di luar negeri.

Sementara itu, bakal calon Wakil Gubernur Sultra, La Ode Ida, mengungkapkan bahwa pemeriksaan kesehatan yang ia jalani tidak menghadapi kesulitan, terutama pada tes fisik.

"Secara fisik, kami InsyaAllah masih kuat dan siap memimpin Sultra," pungkasnya. (B)

Penulis: Erni Yanti

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga