Aliansi Guru Demo Bela Supriyani, Polda Sultra Bentuk Tim Khusus Audit Personel Polsek Baito

Nur Fauzia, telisik indonesia
Rabu, 23 Oktober 2024
0 dilihat
Aliansi Guru Demo Bela Supriyani, Polda Sultra Bentuk Tim Khusus Audit Personel Polsek Baito
Aksi demontrasi oleh Aliansi Pemerhati Pendidikan di Mapolda Sultra, Rabu (23/10/2024). Foto: Nur Fauzia/Telisik

" Sejumlah guru yang tergabung dalam Aliansi Pemerhati Pendidikan Sulawesi Tenggara menggelar demonstrasi di depan Markas Kepolisian Daerah (Mapolda) Sulawesi Tenggara "

KENDARI, TELISIK.ID – Sejumlah guru yang tergabung dalam Aliansi Pemerhati Pendidikan Sulawesi Tenggara menggelar demonstrasi di depan Markas Kepolisian Daerah (Mapolda) Sulawesi Tenggara pada Rabu (23/10/2024).

Aksi ini dilakukan untuk menuntut keadilan bagi Supriyani, guru honorer di Konawe Selatan, yang diduga menjadi korban kriminalisasi atau ketidakadilan hukum.

Kasus Supriyani mencuat ke publik setelah viral di media sosial, menarik perhatian masyarakat luas. Koordinator lapangan, Jefri Rumbasa, menyampaikan dua poin tuntutan dalam demonstrasi tersebut.

Tuntutan pertama, mereka meminta evaluasi atau sanksi terhadap penyidik yang menetapkan Supriyani sebagai tersangka, yang dianggap tidak sesuai dengan prosedur penyelidikan.

Baca Juga: KMI Expo XV 2024: Peluang Kembangkan Bisnis Bagi Wirausahawan

Kedua, Jefri menekankan perlunya evaluasi terhadap personel Polsek Baito, terutama terhadap ayah kandung anak yang melaporkan Supriyani dalam kasus ini, yaitu Aipda Wibowo Hasyim yang menjabat sebagai Kanit Intelkam Polsek Baito.

“Sebagai orang tua korban dan aparat kepolisian, seharusnya ia mengedukasi, mengayomi, dan melayani masyarakat, serta melihat fakta dengan jelas,” tegas Jefri.

Adam, salah satu pendemo, mengekspresikan kekesalannya terhadap oknum kepolisian yang diduga memeras Supriyani sebesar Rp 50.000.000 sebagai mahar perdamaian.

“Kami meminta Polda Sultra untuk mencopot oknum-oknum yang menjadikan hukum sebagai alat mencari uang,” tegasnya.

Baca Juga: Sogogi Kendari Buka Loker Satu Posisi, Buruan Daftar

Menanggapi tuntutan tersebut, Polda Sultra telah membentuk tim khusus yang terdiri dari Propam dan Dirreskrimum untuk melakukan supervisi terhadap penanganan kasus di Polres Konawe Selatan.

Kasubid 4 Renakta Ditreskrimum Polda Sultra, Kompol Indra Asrianto, mengatakan bahwa tim tersebut telah dibentuk sejak kemarin dan sedang melakukan audit terhadap kinerja Polsek Baito.

“Tim sudah terbentuk dan langsung ditindaklanjuti. Saat ini kami melakukan audit terhadap rekan-rekan di Polsek Baito dan hasilnya akan dikeluarkan oleh pimpinan,” jelas Indra.

Polda Sultra juga berencana melakukan pemeriksaan terhadap dugaan pelanggaran kode etik yang dilakukan oleh penyidik, meskipun hasil pemeriksaan tersebut masih dalam proses. (A)

Penulis: Nur Fauzia

Editor: Mustaqim

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga