Tiba di Labuan Bajo, Jokowi Langsung Berkantor Cek Kesiapan KTT ASEAN Summit

Berto Davids, telisik indonesia
Minggu, 07 Mei 2023
0 dilihat
Tiba di Labuan Bajo, Jokowi Langsung Berkantor Cek Kesiapan KTT ASEAN Summit
Jokowi tiba di Labuan Bajo langsung berkantor cek kesiapan KTT ASEAN Summit. Foto: Ist.

" Presiden Joko Widodo atau Jokowi tiba di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Minggu sore (7/5/2023). Pesawat kepresidenan yang membawa Jokowi mendarat di Bandara Komodo Labuan Bajo "

MANGGARAI BARAT, TELISIK.ID - Presiden Joko Widodo atau Jokowi tiba di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Minggu sore (7/5/2023). Pesawat kepresidenan yang membawa Jokowi mendarat di Bandara Komodo Labuan Bajo.

Jokowi turun dari pesawat didampingi Ibu Negara Iriana dan disambut oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.

Ada juga Gubernur Nusa Tenggara Timur, Viktor Bungtilu Laiskodat, Wakil Gubernur, Josef Nae Soi dan sejumlah pejabat lain.

Baca Juga: Jokowi Terbang Lebih Dulu ke Labuan Bajo Persiapkan KTT ASEAN Summit

Setelah dari bandara, Presiden Jokowi langsung berkantor di Labuan Bajo memeriksa kesiapan lokasi atau venue penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN pada 9-11 Mei 2023.

Mantan Wali Kota Solo itu pun memastikan penyelenggaraan KTT ASEAN yang hanya tinggal dua hari siap untuk digelar.

“Tinggal 2 hari lagi, sudah siap, semuanya sudah siap, siap semua. Kemarin terakhir sudah habis lebaran kita cek artinya ini tinggal pelaksanaan,” tegas Jokowi saat diserbu awak media.

Jokowi mengatakan prinsip Indonesia di keketuaan ASEAN adalah kolaborasi dan kerja sama.

“Prinsip Indonesia di keketuaan ASEAN adalah kolaborasi dan kerja sama dengan siapapun,” tegasnya.

Ia pun mengatakan ingin agar negara-negara ASEAN tidak menjadi proxy bagi negara manapun di dunia. Terutama, kata Jokowi, terkait masalah Myanmar yang hingga saat ini masih menjadi perhatian dunia.

Baca Juga: Pola Pengamanan ASEAN Summit Dilakukan Terbuka dan Tertutup

“Kita tidak ingin ASEAN menjadi proxy siapapun, proxy negara manapun karena yang kita inginkan ASEAN adalah terbuka, kerja sama dengan siapapun dengan negara manapun sehingga penyelesaian setiap masalah di asean adalah prinsip dialog. Ini sangat penting sekali, utamanya di dalam masalah Myanmar,” katanya

Sementara itu Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi memastikan pelaksanaan KTT ASEAN sudah matang dan siap digelar.

"Hari ini presiden cek semua kesiapannya. Kami sudah siap betul," kata Retno. (B)

Penulis: Berto Davids

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga