Tidur Siang Diyakini Baik untuk Otak, Kok Bisa?

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Rabu, 10 Maret 2021
0 dilihat
Tidur Siang Diyakini Baik untuk Otak, Kok Bisa?
Ilustrasi tidur siang. Foto: Repro google.com

" Dengan begitu, sebagian orang menyakini tidur siang di tengah hari kerja sebenarnya sangat bagus. "

 

 

KENDARI, TELISIK.ID - Tidur siang dapat membuat kita lebih waspada dan fokus, walaupun durasinya singkat sekira 10 hingga 30 menit.

Hal tersebut berdasarkan hasil penelitian yang telah membuktikan bahwa ketika seseorang melakukan tidur siang dengan waktu yang tidak terlalu lama, maka bisa membuat lebih fokus.

Dengan begitu, sebagian orang menyakini tidur siang di tengah hari kerja sebenarnya sangat bagus.

Meski alasannya belum dipahami secara baik, namun ada kemungkinan tidur siang membantu otak membersihkan produk limbah dan mengisi kembali simpanan energi otak.

Melansir Suara.com jaringan media Telisik.id, tidur siang yang singkat juga membantu meningkatkan perhatian kita dengan memulihkan bagian otak yang membuat kantuk pulih, mencegah ketidakstabilan di jaringan otak.

Di sisi lain, tidur siang berdurasi panjang lebih memulihkan sebagian bagian otak yang membuat kantuk, karena ada waktu untuk memasuki beberapa tahap tidur.

Baca juga: Awas, Ini 5 Cara Minum Soda yang Bisa Perpendek Usia

Khususnya, dilansir The Print, selama tahap tidur rapid eye movement (REM) otak akan memperkuat koneksi yang baru berkembang dan ini penting untuk peningkatan keterampilan motorik.

Tidur non-REM, tahap tidur yang menghabiskan sebagian besar waktu kita, mengandung gelombang otak yang lambat dan sleep spindle, pensinyalan di otak yang diyakini dapat mengaktifkan kembali dan memperkuat ingatan.

Baik gelombang otak yang lambat maupun spindel meningkatkan plastisitas, kemampuan otak untuk belajar dan beradaptasi dengan pengalaman baru.

Durasi yang lebih lama juga mengurangi koneksi jaringan otak yang tidak penting. Keseimbangan ini dapat meningkatkan seberapa cepat dan efektif otak bekerja secara keseluruhan.

Meski tidur siang memiliki banyak manfaat, aktivitas ini tidak disarankan bagi penderita insomnia. Sebab, tidur siang dapat mengurangi kantuk di malam hari.

Tidur siang juga harus dihindari dalam situasi di mana kinerja optimal dibutuhkan segera, karena mungkin perlu beberapa saat agar otak 'bangun' sepenuhnya. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga