Tiga Kecamatan di Muna Barat Tunggu 81 Ton Beras Asal Konawe

Putri Wulandari, telisik indonesia
Senin, 10 April 2023
0 dilihat
Tiga Kecamatan di Muna Barat Tunggu 81 Ton Beras Asal Konawe
Pj Bupati Muna Barat, Bahri (kanan) bersama Kepala Dinas Ketahanan Pangan Muna Barat La Ode Aka (kiri) saat penyaluran paket sembako bagi masyarakat. Foto: Putri Wulandari/Telisik

" Tiga kecamatan belum mendapatkan paket sembako subsidi, pemerintah daerah menunggu 81 ton beras yang akan disalurkan oleh Kabupaten Konawe "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Tiga kecamatan belum mendapatkan paket sembako subsidi, pemerintah daerah menunggu 81 ton beras yang akan disalurkan oleh Kabupaten Konawe.

Beberapa saat lalu, Pemerintah Daerah (Pemda) Muna Barat dan Konawe telah melakukan penandatanganan MoU terkait kerjasama permintaan beras.

Sehingga dalam menindaklanjuti perjanjian kerjasama tersebut, Pemda Konawe telah menyalurkan beras untuk mencukupi kebutuhan beras bagi paket sembako di Muna Barat.

Baca Juga: Muna Barat Masih Butuhkan Bahri

Penjabat (Pj) Bupati Muna Barat Bahri mengatakan, ada tiga kecamatan yang belum tersalurkan paket sembako subsidi dari pemerintah daerah, sebab masih menunggu beras dari Kabupaten Konawe.

"Tiga kecamatan itu yakni Sawerigadi, Tiworo Utara dan Kusambi," ungkap Bahri, Senin (10/4/2023).

Bahri katakan, untuk tidak membedakan antara harga beras Konawe dan Muna Barat, pemerintah daerah membiayai pengiriman beras, di mana dengan jumlah 11 ton untuk satu truk biayanya mencapai Rp6.500.000, sementara permintaan sebanyak 81 ton beras.

Sehingga subsidi harga penyaluran beras sebanyak 8 truk, agar nantinya harga beras Konawe masih tetap sama dengan harga beras di Muna Barat yakni di bawah harga eceran tertinggi (HET).

"Dengan uang APBD kita bisa memaksimalkan kerja-kerja pro rakyat," bebernya.

Ia juga meminta agar pembagian sembako menjelang idul fitri segera diproses sesuai dengan Intruksi Presiden RI terkait waspada terhadap kenaikan harga 20 komiditi pada saat bulan ramadan dan idul fitri.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Muna Barat La Ode Aka, mengatakan, 81 ton beras premium telah disalurkan untuk memenuhi kebutuhan beras di wilayah Muna Barat.

Baca Juga: LM Amsar Beber Program Strategis jika Terpilih di Pilkada Muna Barat

"Hari ini sebanyak 30 ton, besok menyusul 30 ton, dan seterusnya sesuai dengan permintaan daerah," ungkapnya.

Ia mengatakan dalam paket sembako secara keseluruhan sebanyak 26.020 dibutuhkan 5 kilogram beras untuk tiap paket sembako, maka pemerintah Konawe mengirim beras sesuai dengan kebutuhan masyarakat Muna Barat secara keseluruhan.

Untuk diketahui, dengan intervensi yang dilakukan Kabupaten Muna Barat masuk dalam kategori daerah non IHK dalam penanganan inflasi dengan indikator Indeks Perkembangan Harga (IPH) yakni membandingkan kenaikan harga komoditas per Minggu, sehingga berhasil masuk sebagai 10 daerah terendah IPH se-Indonesia. (B)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga