LM Amsar Beber Program Strategis jika Terpilih di Pilkada Muna Barat

Rasmin Jaya, telisik indonesia
Minggu, 09 April 2023
0 dilihat
LM Amsar Beber Program Strategis jika Terpilih di Pilkada Muna Barat
LM Amsar (tengah berbaju hijau) saat sosialisasi dan bersilaturahmi bersama masyarakat, mendorong dan menawarkan program strategis untuk pertumbuhan ekonomi masyarakat Muna Barat ke depan. Foto: Ist.

" Dalam rangka mendorong sektor pertumbuhan ekonomi dan pembangunan daerah, salah satu bakal calon Bupati Muna Barat menawarkan sejumlah program strategis untuk memberdayakan masyarakat secara mandiri, konsekuen dan berkelanjutan "

KENDARI, TELISIK.ID - Dalam rangka mendorong sektor pertumbuhan ekonomi dan pembangunan daerah, salah satu bakal calon Bupati Muna Barat menawarkan sejumlah program strategis untuk memberdayakan masyarakat secara mandiri, konsekuen dan berkelanjutan.

Diketahui La Ode Muhammad Amsar lahir di Desa Sawerigadi, Kabupaten Muna Barat dengan berlatar belakang pendidikan di perguruan tinggi S1 Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Halu Oleo tahun 2000-2004 menjadi wisudawan terbaik dan S2 Administrasi Pembangunan Pasca Sarjana UHO 2010-2012.

Selama bermahasiswa, ia aktif dalam kelembagaan internal kampus sebagai anggota Majelis Permusyawaratan Mahasiswa (MPM) 2001-2022 dan menjadi Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FISIP 2003-2004.

Baca Juga: Rp 42 Miliar Disiapkan untuk Pilkada Muna Barat

Saat ini ia aktif menjadi Bendahara Umum KAHMI Sulawesi Tenggara 2022-2027, selain itu ia juga bergelut dalam pekerjaan sebagai Priority Banking Offficer Sentra Layanan Prioritas Makassar pada BRI Kanca Kendari Samratulangi dan memiliki Agro Wisata Qurratuain di Jalan Banteng Kota Kendari.

Dalam persiapan menuju konstalasi Pilkada 2024 ia hadir dengan jargon amanah, sejahtera dan religius. Hal demikian sebagai upaya kepedulian dan rasa tanggung jawab agar melihat masyarakat bisa berdaya guna di segala sektor, apa lagi bidang keagamaan, pendidikan dan pertanian menjadikan itu orientasi utama.

Namun demikian perlu adanya pemetaan potensi daerah, keunikan masing-masing desa, digitalisasi UMKM, pemerintah membangun kemitraan. Proses meningkatkan sumber daya manusia (SDM) juga menjadi hal yang paling penting.

Beberapa pemberdayaan lainnya, masyarakat harus berusaha secara mandiri yang didukung fasilitas pemerintah yang memadai lewat sektor perikanan, pertanian, parawisata dan sektor-sektor lainnya menjadi hal yang sangat penting guna menunjang kemandirian ekonomi sehingga sangat dibutuhkan kesadaran bersama.

Amsar mengatakan, membangun daerah kelahiran sama halnya dengan merindukan ibu, karena di situ ada perjuangan dan kepedulian, sehingga akan mendatangkan keberkahan dan rasa syukur yang melimpah.

"Itu adalah modal dasar saya untuk kembali di kampung halaman membangun daerah yang kita cintai bersama," katanya, Minggu (9/4/2023).

Sayang sekali jika potensi SDM hanya berhenti di dalam diri kata Amsar, maka seyogianya sebagai generasi untuk dikembangkan dan dilanjutkan secara masif dan terstruktur karena Muna Barat ke depan membutuhkan konsep dan visi misi sesuai arah yang diharapkan masyarakat

Sehingga atas hal itu tentunya menjadi tanggung bersama untuk menjadikan masyarakat sebagai orientasi utama dengan sasaran kebijakan di segala sektor.

"Dengan itu, saya maju dalam kontestasi politik 2024 ini dengan niatan setulus hati untuk membangun, apa lagi daerah Muna Barat sangat memiliki banyak potensi yang harus kita kelola secara baik dan tetap sasaran," ujarnya.

Mantan Ketua BEM UHO 2003-2004 itu juga menegaskan, keterlibatan generasi muda sangat dibutuhkan dalam hal mendukung setiap kebijakan yang terarah dan strategis serta memberikan gagasan dan ide positif untuk pembangunan daerah.

"Saya mengajak kepada generasi muda  untuk sama-sama menyatukan program dan visi misi jangka panjang, agar apa yang menjadi harapan kita dapat terdistribusi dengan baik," pungkasnya.

Merespon hal itu pemuda Muna Barat, Umar menyambut baik program tersebut karena selama ini pemerintah daerah dinilai belum melirik secara merata dan terkonsentrasi potensi yang ada di Muna Barat.

"Tentunya kita perlu membutuhkan manajemen yang baik dan persiapan yang matang dalam tata kelola pemerintahan agar potensi itu dapat dimanfaatkan, bukan hanya sekedar menggugurkan tanggung jawab," ujarnya.

Ia juga menambahkan, apa lagi di momentum pemilu seperti ini kadang hanya dijadikan sebagai sarana dan instrumen pencitraan agar bisa merebut simpati publik.

Sementara mahasiswa Muna Barat, Fendi mengaku tertarik dengan program strategis yang berkelanjutan, untuk pembangunan daerah dan pertumbuhan ekonomi kreatif bagi masyarakat.

Baca Juga: Mulai Konsolidasi, La Ode Muhammad Amsar Siap Tarung Pilkada Muna Barat

"Kita butuhkan pemimpin yang betul-betul memahami kultur dan kebudayaan masyarakat, apa lagi kita daerah yang heterogen atau beragam masyarakat sehingga dibutuhkan sosok yang berjiwa sosial dan terbuka," tegasnya.

Ia juga menegaskan sudah seharusnya putra daerah terlibat secara aktif dan penuh untuk mengisi kepemimpinan daerah, agar kebijakan itu terkonsentrasi sesuai apa yang dicita-citakan.

"Sebagai mahasiswa kita harus menjadi mitra kritis pemerintah, mengontrol dan memberikan masukan yang konstruktif apa lagi dalam tata kelola pemerintahan agar tidak digunakan secara sewenang-wenang," pungkasnya. (A)

Penulis: Rasmin Jaya

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga