Tiga Titik Lahan Terbakar di Tanah Laut Kalsel Berhasil Dipadamkan

Marwan Azis, telisik indonesia
Minggu, 01 Agustus 2021
0 dilihat
Tiga Titik Lahan Terbakar di Tanah Laut Kalsel Berhasil Dipadamkan
Tim Satgas Gabungan sedang berupaya memadamkan areal hutan dan lahan yang terbakar di Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan. Foto: BPBD Tanah Laut

" Tiga titik lokasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan yang terjadi pada Jumat, telah berhasil dipadamkan. "

TANAH LAUT, TELISIK.ID - Tiga titik lokasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan (Kalsel) yang terjadi pada Jumat (30/7/2021), telah berhasil dipadamkan.

Keberhasilan tersebut tak lepas dari kerjasama Satuan tugas (satgas) Gabungan. Satgas yang terdiri dari unsur BPBD, Manggala Agni, TNI, Polri, Satpol PP, Pemadam Kebakaran dan masyarakat bekerja sama untuk mengendalikan titik api.

Informasi tersebut disampaikan Abdul Muhari, Ph.D, Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Minggu (1/8/2021).

Muhari mengatakan, Satgas Gabungan juga akan melakukan pengecekan lapangan dan pembasahan di sekitar titik api guna meminimalkan munculnya api dari lahan yang sudah padam.

Baca juga: Pemadaman Kebakaran Hutan di Banjarbaru, BPBD Turunkan Mobil Water Supply

Baca juga: Angin Puting Beliung Hantam Pariaman, Empat Unit Rumah Rusak

"Upaya pemadaman dilakukan dengan mengerahkan unit pemadam kebakaran setempat. Para petugas memanfaatkan sumber air dari kanal untuk memperoleh air," ujarnya.

Ia mengungkapkan, tercatat luas lahan terbakar di Kecamatan Tambang Ulang seluas 3 hektare, Kecamatan Kurau seluas 3 hektare, dan Kecamatan Jorong seluas 3 hektare.

Lahan yang terbakar merupakan lahan vegetasi semak belukar, lahan bondong dan rumput sawah.

BNPB terus berkoordinasi dengan BPBD terkait upaya pencegahan dan kesiapsiagaan menghadapi karhutla di beberapa provinsi.

"BNPB selalu menekankan untuk langkah-langkah pencegahan dini sebelum titik api meluas, khususnya di lahan-lahan gambut dan vegetasi," pungkasnya. (C)

Reporter: Marwan Azis

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga