Tina Nur Alam Dorong Pemerintah Fasilitasi Sistem Informasi Perbukuan

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Rabu, 02 Agustus 2023
0 dilihat
Tina Nur Alam Dorong Pemerintah Fasilitasi Sistem Informasi Perbukuan
Anggota Komisi X DPR RI, Tina Nur Alam saat menghadiri dan membuka sosialisasi SIBI dihadapan para peserta didik, pendidik dan pelaku perbukuan. Foto: Fitrah/Telisik

" Pemerintah berkewajiban untuk memberikan fasilitas kepada masyarakat agar mudah menjakau informasi perbukuan "

KONAWE SELATAN, TELISIK.ID - Pemerintah berkewajiban untuk memberikan fasilitas kepada masyarakat agar mudah menjakau informasi perbukuan.

Hal tersebut disampaikan Anggota Komisi X DPR RI, Tina Nur Alam saat menghadiri dan membuka sosialisasi Sistem Informasi Perbukuan Indonesia (SIBI), di salah satu hotel di Konawe Selatan, Rabu (2/8/2023).

Menurutnya, sistem informasi perbukuan secara nasional ini menjadi penting dilakukan di tengah perkembangan teknologi bagi masyarakat. Sehingga, kata dia, dapat dijangkau siapa saja.

Baca Juga: Ini Strategi Tina Nur Alam Menangkan Pileg dan Pilgub 2024

Program SIBI ini diharapkan jadi wahana untuk meningkatkan efektivitas perbukuan nasional. Apalagi dengan adanya ebook yang disediakan SIBI ini akan bisa lebih memudahkan masyarakat untuk meningkatkan literasinya.

"Kita patut bersyukur pemerintah memfasilitasi masyarakat untuk dapat mengakses buku yang bermutu lewat SIBI ini," katanya.

Di mana tambah dia, SIBI ini merupakan sitem resmi dari Kemendikbud. Secara teknis SIBI merupakan website yang memiliki fitur untuk memudahkan pelajar atau masyarakat dalam mengakses buku.

Hanya saja kehadiran SIBI ini belum terlalu dikenal masyarakat secara luas, maka ia bersama Kemendikbud berpandangan bahwa alangkah sayangnya jika SIBI ini belum dikenal luas.

"Maka kami melaksanakan sosialisasi SIBI ini agar dapat dimanfaatkan secara luas oleh masyarakat," tambahnya.

Untuk diketahui, sosialisasi Sistem Informasi Perbukuan Indonesia atau SIBI ini merupakan program Kemitraan Kemendikbudristek dan DPR RI.

Baca Juga: Tina Nur Alam Resmi Pimpin IKA FISIP UHO Kendari

Kegiatan itu diikuti oleh beberapa peserta didik, pendidik, dan pelaku perbuku diantara penulis, editor, desainer, dan pihak penerbit.

Salah satu peserta sosialisasi SIBI, Abu Fatih mengatakan, kegiatan sangat baik dilakukan sebab saat ini masih banyak masyarakat, khususnya peserta didik dan pendidik yang belum tahu program SIBI ini.

"Setelah saya buku website SIBI ini sangat membantu kita untuk mengetahui dan menjangkau buku ajar para peserta didik dari tingkat SD hingga SMA," ujarnya. (B)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga