Tina Nur Alam Minta Sadar Wisata jadi Gerakan Bersama Bukan Cuma Program Pemerintah

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Senin, 19 Juni 2023
0 dilihat
Tina Nur Alam Minta Sadar Wisata jadi Gerakan Bersama Bukan Cuma Program Pemerintah
Anggota Komisi X DPR RI, Tina Nur Alam berharap dengan adanya bimbingan pemberdayaan masyarakat terhadap pembinaan sadar wisata, menjadi gerakan bersama, bukan hanya menjadi program pemerintah. Foto: Ibnu/Telisik

" Pesona wisata yang ada di Sulawesi Tenggara tidak kalah menariknya dengan wisata daerah lain dan memiliki keunikan tersendiri "

KENDARI, TELISIK.ID - Pentingnya sadar wisata bagi masyarakat untuk menjaga daya tarik dan meningkatkan ekonomi daerah Sulawesi Tenggara, dilakukan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dengan memberikan bimbingan teknis (bimtek).

Anggota Komisi X DPR RI, Tina Nur Alam menilai pesona wisata yang ada di Sulawesi Tenggara tidak kalah menariknya dengan wisata daerah lain dan memiliki keunikannya tersendiri.

"Kita harus menjaga potensi wisata daerah Sulawesi Tenggara. Sebab, itu merupakan aset penunjang pengembangan pariwisata daerah," ucap dia.

Tina melanjutkan, promosi sebagai upaya peningkatan dan pembinaan mesti dilakukan secara masif sebagai tanggung jawab bersama.

Baca Juga: Tina Nur Alam Genjot Peningkatan Infrastruktur Pariwisata di Sulawesi Tenggara

Ia berharap dengan adanya bimbingan pemberdayaan masyarakat terhadap pembinaan sadar wisata, menjadi gerakan bersama, bukan hanya menjadi program pemerintah.

"Artinya pemerintah menyiapkan anggarannya untuk difasilitasi untuk melakukan pembinaan," tambah Tina.

Di tempat yang sama, perwakilan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Udan Sefi Sari mengatakan, sadar wisata mengajak masyarakat untuk melakukan perencanaan pariwisata.

Baca Juga: Tina Nur Alam Beri Pesan Peserta Bimtek Sadar Potensi Wisata Sulawesi Tenggara

"Peran itu kita ambil agar potensi wisata di Kendari mampu dijangkau oleh semua wisatawan," tuturnya.

Sementara Plt Kepala Dinas Pariwisata Kota Kendari, Herman mengatakan, pariwisata sebagai salah satu sektor penggerak ekonomi. Maka dari itu pemerintah terus konsisten meningkatkan pelayanan pariwisata.

"Sadar wisata ini kita selalu dukung agar masyarakat Kota Kendari bisa mengoptimalkan wisata yang ada di daerah kita sendiri," ujar dia. (B-Adv)

Penulis: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga