Penumpang Pelabuhan Nusantara Kendari Normal, Puncak Mudik Diprediksi H-3 Lebaran

Musdar, telisik indonesia
Senin, 25 April 2022
0 dilihat
Penumpang Pelabuhan Nusantara Kendari Normal, Puncak Mudik Diprediksi H-3 Lebaran
Suasana penumpang di pelabuhan Nusantara Kota Kendari masih terpantau normal di H-7 Lebaran Idul Fitri 1443 Hijriah. Foto: Musdar/Telisik

" Pergerakan arus penumpang di pelabuhan Nusantara Kota Kendari masih terpantau normal "

KENDARI, TELISIK.ID - Hingga H-7 lebaran Idul Fitri 2022, pergerakan arus penumpang di pelabuhan Nusantara Kota Kendari masih terpantau normal. Kenaikan penumpang diprediksi jelang 3 hari sebelum lebaran.

Seperti disampaikan Kepala KSOP Kelas II Kendari, Letkol Marinir Agus Winarto, memprediksi lonjakan penumpang baru akan terjadi di H-3 atau 29 April 2022 mendatang.

"Padahal prediksi kita lonjakan penumpang terjadi di H-7," kata Letkol Marinir Agus Winarno saat ditemui di pelabuhan Nusantara Kendari, Senin (25/4/2022).

Letkol Marinir Agus juga menerangkan, pihaknya telah melakukan langkah-langkah apabila di H-3 nanti terjadi lonjakan penumpang dengan menyiapkan sejumlah armada.

Untuk rute Kendari-Raha-Baubau sebanyak lima kapal telah disiagakan di pelabuhan Nusantara yakni Ekspress Bahari 6E, Ekspress Bahari 5E, Ekspress Pricilia 88, Ekspress Bahari 7F dan Ekspress Bahari 168.

Baca Juga: Berlayar dari Kendari, Wakatobi hingga NTT, Ini Jadwal Sabuk Nusantara 82 Periode 24 April-2 Mei 2022

Apabila terjadi overload penumpang, pihaknya akan meminta petunjuk dari pusat. Tetapi pengalaman mudik sebelumnya kata Letkol Marinir Agus, belum pernah terjadi overload penumpang.

"Kapal banyak dengan rute yang sama," tutupnya.

Baca Juga: Kerajinan Warga Binaan Lapas Perempuan Bakal Dipamerkan di Berbagai Event

Di samping itu, Koordinator Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Maritim Kendari, Faizal Habibie memastikan, selama mudik lebaran 2022 setiap operator kapal mendapatkan informasi cuaca terlebih dahulu, sebelum keberangkatan.

"Olehnya itu, setiap operator kapal untuk selalu update informasi cuaca dari kami," kata Faizal.

BMKG juga memprediksi untuk 7 hari ke depan, tinggi gelombang di perairan Sulawesi Tenggara di bawah 1 meter. (B)

Reporter: Musdar

Editor: Kardin

Baca Juga