Tingkatkan Kualitas Menuju Kampus Unggul, UMW Fokus Peningkatan Akreditasi

Muhammad Ilwanto, telisik indonesia
Selasa, 22 Februari 2022
0 dilihat
Tingkatkan Kualitas Menuju Kampus Unggul, UMW Fokus Peningkatan Akreditasi
Gedung Univeritas Mandala Waluya Kendari. Foto: Muhammad Ilwanto/Telisik

" Sebagai perguruan tinggi, sudah seharusnya untuk terus meningkatkan mutu tridarma menjadi lebih baik "

KENDARI, TELISIK.ID -  Universitas Mandala Waluya (UMW) optimis dan menargetkan empat jurusan yaitu S1 Farmasi, Pasca Sarjana, Kewirausahaan, dan Psikologi, akan mendapatkan akreditasi sangat baik.

Optimisme itu menyusul kerja sama yang telah dijalin dengan Universitas Halu Oleo (UHO) untuk peningkatan akreditasi.

Rektor UMW, Dr. Ratna Umi Nurlila mengatakan, sebagai perguruan tinggi, sudah seharusnya untuk terus meningkatkan mutu tridarma menjadi lebih baik.

"Kami kan baru beberapa tahun berdiri menjadi univeritas. Ditambah lagi ada beberapa jurusan baru yang didirikan. Sehingga kita betul-betul bekerja keras, bagaimana meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan yang dimiliki menjadi lebih baik. Salah satunya dengan peningkatan akreditasi, yang menjadi salah satu tolak ukur bermutunya lembaga pendidikan," ungkapnya kepada Telisik, Selasa (22/2/2022).

Untuk itu, tahun ini pihaknya akan fokus pada peningkata akreditasi dengan berbagai ha, salah satunya dengan menjalin kerja sama dengan UHO.

"Kami optimis tahun ini jurusan di UMW bisa mendapatkan akreditasi sangat baik," sambungnya.

Saat ini proses akreditasi sudah sementara berjalan, dengan mempersiapkan 9 kriteria yang menjadi persyaratan akreditasi perguruan tinggi.

Baca Juga: Singkirkan Ratusan Peserta, MTs Ummusshabri Sabet Juara Umum di I-Smart Competition 2022

"Pertam ada jurusan S1 Farmasi, itu dari akreditasi C akan diupayakan menjadi sangat baik, kemudian jurusan Pasca Sarjana itu nanti di bulan delapan dan sembilan itu akan divisitasi, dan dua jurusan lainnya nanti di akhir tahun," katanya.

Sementara itu, Rektor UHO, Prof. Dr. Muhammad Zamrun Firihu, M.Si, mengaku siap membantu UMW dalam mencapai akreditasi sangat baik.

"Kan sudah ada MoU-nya, jadi kami siap membantu untuk meningkatkan akreditasi UMW. Mulai dari fasilitas serta hal-hal lainnya yang bersangkutan dengan proses akreditasi. Karena sebagai salah satu perguruan tinggi terbesar di Sultra, sudah seharusnya membantu perguruan tinggi lain dalam mencapai peningkatan mutu pendidikan menjadi lebih berkualitas.

Baca Juga: UHO Kendari Perpanjang Pembayaran UKT

"Dan ini juga menjadi salah satu langkah, untuk meningkatkan taraf pendidikan serta SDM di Sultra. Semakin banyak perguruan tinggi yang kredibel, maka akan sangat berpengaruh terhadap kualitas SDM," pungkasnya. (B)

Reporter: Muhammad Ilwanto

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga