Tingkatkan Mutu Akreditasi Perguruan Tinggi, UHO dan UMW Kendari Teken MoU

Andi Irna Fitriani, telisik indonesia
Kamis, 10 Februari 2022
0 dilihat
Tingkatkan Mutu Akreditasi Perguruan Tinggi, UHO dan UMW Kendari Teken MoU
Penandatanganan MoU oleh Rektor UMW Kendari, Dr. Ratna Umi Nurlila dan Rektor UHO Kendari, Prof. Dr. Muhammad Zamrun Firihu. Foto: Andi Irna Fitriani/Telisik

" Perguruan tinggi negeri merupakan mitra ataupun pembina perguruan tinggi swasta yang ada di sekelilingnya "

KENDARI, TELISIK.ID – Tingkatkan mutu akreditasi perguruan tinggi, Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari bersama Universitas Mandala Waluya (UMW) Kendari, melakukan Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU), Kamis (10/2/2022).

Rektor UHO, Prof. Dr. Muhammad Zamrun Firihu mengatakan, perguruan tinggi negeri itu menjadi mitra ataupun pembina perguruan tinggi swasta yang ada di sekelilingnya.

"MoU hari ini sebenarnya bagaimana kita meningkatkan perguruan tinggi di Sulawesi Tenggara (Sultra), itu yang paling utama," katanya.

Di samping itu lanjut dia, dengan pengalaman pihak UHO yang sudah banyak, bisa membantu atau memberikan pendampingan kepada UMW, sehingga ke depannya kualitas dan mutunya semakin baik.

"Dengan MoU, fungsi pendampingan kerja sama dan lain sebagainya, tidak akan menyalahi aturan," ucapnya.

Tempat sama, Rektor UMW Kendari, Dr. Ratna Umi Nurlila mengatakan, dengan adanya kerja sama tersebut, pihaknya banyak melakukan kolaborasi.

Sehingga kata dia, dengan MoU tersebut, kedua perguruan tinggi berkolaborasi meningkatkan Tri Dharma Perguruan Tinggi, dari segi pendidikan.

Baca Juga: Simak 5 Tips yang Harus Kamu Tahu Agar Dapat Beasiswa Luar Negeri

"Ada segi kampus merdeka yang bisa masuk dan kemudian juga penelitian kolaborasi antara perguruan tinggi, pengabdian masyarakat kemudian lanjut studi dari S2 ke S3 misalnya untuk manajemen dari UMW ke UHO, itu merupakan bentuk implementasi dari MoU ini," jelasnya.

Sementara itu, Wakil Rektor III UMW Kendari, Toto Suryanto mengatakan, MoU yang berkaitan dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi itu untuk meningkatkan kualitas kampus.

"Dan pihak UHO memberikan peluang kepada setiap universitas untuk bekerja sama dan sharing," katanya.

Baca Juga: Siswa SD dan SMP di Kota Kendari Akan Ikuti USBK, Ini Jadwalnya

Karena itu, dalam rangka peningkatan kualitas kampus, pihaknya juga ingin melakukan pengembangan-pengembangan dengan melakukan sharing dengan kampus UHO Kendari.

"Karena UHO juga kan kampus yang paling senior di Sultra," ucapnya. (B-Adv)

Reporter: Andi Irna Fitriani

Editor: Haerani Hambali 

Baca Juga