Tips Hilangkan Noda Pakaian Berdasarkan Jenis Kain

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Jumat, 19 Mei 2023
0 dilihat
Tips Hilangkan Noda Pakaian Berdasarkan Jenis Kain
Pakaian yang digunakan sehari-hari sangat rentan terkena berbagai macam noda. Beberapa jenis kain ternyata tidak sama proses membersihkannya. Foto: Solusibuatattack.com

" Pakaian yang digunakan sehari-hari sangat rentan terkena berbagai macam noda. Mulai dari kotoran debu, tumpahan makanan dan minuman, hingga noda kelunturan. Beberapa jenis kain ternyata tidak sama proses membersihkannya "

KENDARI, TELISIK.ID - Pakaian yang digunakan sehari-hari sangat rentan terkena berbagai macam noda. Mulai dari kotoran debu, tumpahan makanan dan minuman, hingga noda kelunturan. Beberapa jenis kain ternyata tidak sama proses membersihkannya.

Berikut beberapa jenis noda pakaian dan cara menghilangkannya seperti, dilansir dari Cnnindonesia.com dan Kompas.com:

1. Noda kelunturan

Jika baju Anda terkena noda luntur, dari pakaian lain karena dicuci bersamaan. Cara menghilangkan noda luntur pada baju ini bisa menggunakan bahan-bahan sederhana di rumah, yaitu garam, detergen dan air panas.

Baca Juga: 8 Tips Rumah Tetap Aman Ditinggal Mudik

Berikut langkahnya:

a. Siapkan ember berisi air panas. Lalu masukkan satu sendok makan garam. Tambahkan detergen cair atau bubuk secukupnya.

b. Aduk semua bahan sabun, kemudian rendam baju yang terkena noda luntur. Tunggu selama 1 jam, terutama jika noda luntur itu sudah dibiarkan lama.

c. Setelah 1 jam berlalu, Anda bisa membilas pakaian seperti biasa atau merendam kembali ke pewangi pakaian sebelum dijemur.

2. Noda keringat pakaian berserat halus

Pakaian bererat halus meliputi asetat, rayon, sutra, atau wol. Berikut cara menghilangkan noda keringat dari pakaian serat halus:

a. Spons pada area pakaian yang terkena noda keringat dengan air, kemudian ikuti dengan aplikasi spotter basah dan beberapa tetes amonia. Berhati-hati menggunakan amonia pada bahan sutra dan wol.

b. Tutupi noda keringat dengan bantalan penyerap yang dibasahi spotter basah.

c. Biarkan bantalan tetap berada di tempatnya selama noda dibersihkan.

d. Ganti bantalan saat noda keringat terangkat. Jaga noda dan bantalan tetap lembap dengan spotter basah dan amonia.

e. Siram noda keringat dengan air dan biarkan mengering secara menyeluruh.

3. Noda lumpur atau tanah

Noda lumpur dan kotoran tanah yang masih baru biasanya cukup dibersihkan menggunakan detergen. Jika nodanya memenuhi pakaian, Anda dapat menambahkan soda kue.

Berikut cara menghilangkan noda pakaian akibat terkena percikan lumpur atau tanah:

a. Pakaian yang terkena lumpur wajib dicuci terpisah. Langkah awal, gosok noda-noda tersebut memakai cairan detergen supaya kotoran terangkat.

b. Setelah dibilas, kemudian rendam pakaian ke dalam air campuran cuka selama 30 menit. Jika noda lumpur sangat pekat, bisa rendam pakaian ke dalam air campuran soda kue selama 15 menit. Selesai merendam, Anda dapat melanjutkan bilas pakaian seperti pada umumnya sampai bersih.

4. Noda tinta

Bolpoin, spidol, krayon, sangat rentan meninggalkan bekas noda di pakaian. Terutama pada baju seragam sekolah anak-anak.

Salah satu cara menghilangkan bekas tinta di pakaian dapat menggunakan alkohol. Tapi sebelum itu, cek terlebih dahulu jenis bahannya apakah aman terkena alkohol atau tidak.

Sebelum memulai, Anda perlu menyiapkan selembar karton atau lap di bawah bagian pakaian yang terkena noda.

Lalu tuang beberapa tetes alkohol ke bagian noda supaya bekas tinta terangkat, sambil gosok dengan handuk bekas. Jika noda tinta masih menempel, ulangi prosesnya lagi.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Orang Kaya yang Tidak Pernah Diceritakan, Hasilkan Uang saat Tidur

Apabila noda tinta berhasil terangkat, bisa lanjut cuci pakaian menggunakan detergen seperti biasa.

5. Pakaian vinyl

Ikuti langkah-langkah berikut untuk menghilangkan noda keringat dari pakaian vinil:

a. Seka noda dengan kain yang dicelupkan ke dalam air hangat yang telah ditambahkan beberapa tetes amonia.

b. Setelah itu, bilas pakaian dengan baik dan lap kering menggunakan kain bersih. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga